DKV UNPAS Bandung: Cara Umum Memilih Nama Brand

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Cara Umum Memilih Nama Brand

at 10/02/2010 View Comments

Dari blog www.graphicdesignblog.org ada artikel menarik berjudul Universal Ways of Naming a Company – Grammar 101!! Dari sekian banyak brand terkenal, ada pola dalam memilih nama-nama itu, mulai dari seputar nama keluarga hingga permainan menyusun huruf atau suku kata. Di Indonesia, ada cara yang unik, misalnya menamai brand rokok dengan nama "Djarum", atau "Gudang Garam". Keduanya tidak terlalu cocok dengan penjelasan di bawah ini, yang paling mendekati mungkin cara ke 6, pemanfaatan nama/sebutan yang sudah dikenal, atau familiar.

Cara apa yang akan Anda pilih? Atau Anda punya cara tersendiri? Berikut adalah ulasan yang disadur ulang dari artikel tersebut.


1. Nama Asli (bukan buatan)

Nama-nama brand di atas, diambil dari nama yang ada, baik itu pendirinya, maupun keluarga si pendiri pemilik brand tersebut. Ford, diambil dari nama pendirinya, Henry Ford, Mercedes adalah nama depan dari putri sang engineer, Emil Jellinek. Boeing diambil dari nama pendirinya William Boeing, Dell dari nama Michael Saul Dell. Sedangkan Getty Images, dari pendirinya juga, Mark Getty.


 2. Nama yang Diciptakan
CISCO – Bukan singkatan, melainkan sebutan ringkas untuk San Francisco.
Haagen-Dazs – Dibuat untuk sekedar mendapat kesan "asing". Tidak punya arti khusus.
Meebo – Tidak tercatat ada sejarah di balik nama ini.
Dr. Pepper – Bukan nama seseorang, melainkan tokoh yang diciptakan.
Yahoo! – Kata yang kebetulan cocok dengan penjelasan: "Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. jadi ia bukan akronim, tetapi backronym.



3. Analogi dan Metafora 
Apple – Aslinya bergambar Newton, penemu teori gravitasi yang terinspirasi buah apel.
Caterpillar - Diolah dari foto traktor yang sedang bergerak.
Adobe – Dari Adobe Creek yang mengalir di belakang rumah si pemilik brand, John Warnock.
Fuji – Diambil dari nama Gunung Fuji, gunung tertinggi di Jepang.
Virgin – Terinspirasi oleh idiom “the company was virgin at business”.



4. Singkatan 
FCUK – French Connection United Kingdom.
ESPN - Entertainment and Sports Programming Network.
BMW – Bayerische Motoren Werke.
DKNY – Donna Karan New York.
bebo - Blog Early, Blog Often.



5. Menggabungkan Kata-kata
Microsoft – Microcomputer + Software
Intel – Integrated Electronics
Netscape – Net+ Landscape
Skype – Sky + Peer-to-Peer
Wikipedia - wiki + encyclopedia



6. Memanfaatkan Makna Kata/Nama dalam Mitos/Legenda 
Nike – Diambil dari nama dewa kejayaan Yunani.
Xerox – Diambil dari kata dalam Bhs. Yunani xeros (kering) dan graphos (menulis).
Volvo – Diambil dari kata dalam Bhs. Latin, volvo, dalam Bhs. Inggris bermakna "I roll".
Starbucks – Diambil dari nama Starbuck, karakter dalam novel Herman Melville, Moby-Dick.
Coca-Cola – Diambil dari daun coca dan kacang kola sebagai sumber rasa.



7. Pencampuran Kata dan/atau Angka
3Com = Computer, Communication, dan Compatibility.
7-Eleven – Diambil dari jam buka mereka, 7:00 pagi hingga 11:00 malam.
3M – Nama asli perusahaan, Minnesota Mining and Manufacturing Company.
7-UP – sub-brand dari Pepsi Co.
20th Century Fox – Merger Fox Film-nya William Fox dengan Twentieth Century Pictures.



8. Permainan Kata/Susunan Huruf
Google – Aslinya adalah salah eja dari kata "googol".
Digg.com – Maksudnya "Dig", tetapi "dig.com" sudah ada yang punya.
Reebok – Cara lain mengeja kata "rhebok" (Pelea capreolus), antelope dari Afrika.
Harpo Productions – Rumah Produksi Oprah Winfrey. Harpo adalah anagram Oprah.
Adidas – Penggabungan nama si pemilik, Adolf (Adi) Dassler.

blog comments powered by Disqus