DKV UNPAS Bandung: BastArt: TVC Dunlop Indonesia 2014

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Saya dapet kesempatan gabung di tim artnya the bastart untuk bantuin bagian grafis dan pop up set untuk bikin TVC Dunlop 2014, yang dipimpin Eqi Burhan sebagai Art Directornya yang merupakan alumni DKV Unpas angkatan 1999. Konsep iklan yang diminta yaitu media kertas dan pop up dengan teknik stop motion. Semua properti terbuat dari kertas, namun karena kendala teknis ada beberapa properti yang bukan berbahan kertas tetapi tetap dilapisi kertas, untuk menjaga kesinambungan konsep. Properti utama adalah 3 ban "kertas" ukuran 1:1 (saya kasih tanda kutip pada kata kertas karena ini adalah property yang dilapisi kertas, rangka utamanya terbuat dari akrilik), ban kertas ukuran kecil. mobil, dan dua Pop up set yang dibuat mengikuti bentuk ban. pada pembahasan ini saya hanya akan membahas proses perancangan properti dalam produksi TVC dunlop 2014 ini.

Proses Produksi dan Perancangan Properti TVC Dunlop 2014

Perancangan desain dan bentuk properti berdasarkan kepada Storyboard dan meeting bareng Sutradara dan tim. Setelah meeting kemudian dibuat prototype setiap propertinya untuk kembali di bahas pada meeting berikutnya. Setelah dilakukan revisi dari hasil meeting terakhir, tim art membuat dummy dari setiap properti untuk kebutuhan workshop. Kemudian setelah tim art siap, semua kru produksi melakukan workshop untuk mencoba setiap properti yang akan digunakan. Menjalankan mekanisme pop up dan materi lainnya, menyesuaikan skala, angle kamera, dan pencahayaan. Workhsop ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dan mempermudah sehingga kerja shooting bisa efektif.

Layout pop up set 2 - Rumah dan Toko Dunlop

lay out awal
layout kedua dengan mekanisme pop up
dummy untuk kebutuhan workshop
layout set pop up final shooting

Lay out pop set 1 - Toko Dunlop

dummy dengan mekanisme pop up
dummy yang digunakan untuk workshop
layout final
shooting stop motion pop up

Workshop Stopmotion untuk mobil dan jalanan

Workshop adegan mobil dan jalanan dilakukan untuk melihat apakah skala dan efektifitas memindahkan tiap properti yang bergerak  sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu juga untuk untuk mengontrol jarak dan percepatan animasinya, untuk melakukan ini dibantu dengan aplikasi stopmotion, untuk workshop ini menggunakan aplikasi Snapdragon.


Properti ban dunlop

eksperimen ban kertas skala kecil
Ban kertas sekala kecil final
Ban lapis kertas sekala 1:1
Ban lapis kertas skala 1:1 shooting

Grafis didalam ban yang terbuka


 TVC dunlop yang telah tayang


blog comments powered by Disqus