DKV UNPAS Bandung: Buku Tinjauan Desain

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Buku Tinjauan Desain

at 9/21/2010 View Comments


Salah satu buku yang sangat ditunggu di kalangan akademisi Desain Grafis, atau Desain Komunikasi Visual. Sayangnya saya sendiri belum berkesempatan mendapatkan buku ini. Di beberapa toko buku yang saya datangi, buku ini belum tersedia. Lagi pula, edisi pertamanya masih perlu banyak revisi, jadi mungkin bersabar akan lebih bermanfaat.

Buku ini awalnya terbit sebagai buku ajar untuk mata kuliah Tinjauan Desain pada program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) di kampus tempat si penulis, Arief Adityawan Sosrojudho, mengajar. Kemudian Djoko Hartanto, pendiri majalah CONCEPT, beserta Markus Wisnu Murti—Pemimpin Redaksi majalah CONCEPT—menyatakan niat untuk menerbitkan buku ajar tersebut. Maka, bersama tim Litbang CONCEPT, materi desainer grafis di Indonesia dalam buku ini banyak menggunakan materi-materi tulisan yang selama ini telah dimuat di majalah CONCEPT – oleh para editor dan jurnalisnya, seperti Hastjarjo Wibowo, Okky Ardya, Markus Wisnu Murti, Rina Hutajulu, Irwansyah, dan Ediron. Buku ini dipublikasikan melalui website http://tinjauandesain.com/book.

Penggunaan materi majalah daam buku ini mungkin dapat diperdebatkan, namun menurut sang penulis, ia tetap memilih untuk menggunakannya dengan harapan pada penerbitan berikutnya dari buku ini, dapat mewawancara langsung para desainer Indonesia tersebut. Khusus untuk materi tentang desainer grafis AD Pirous dan Iwan Ramelan, banyak diambil dari materi yang disediakan oleh website Desain Grafis Indonesia milik Hanny Kardinata.

Bagaimanapun, penerbitan buku tentang desain yang bermuatan lokal perlu didukung, dan perlu digalakkan. Hampir sebagian besar referensi selalu sulit didapatkan karena diterbitkan dari luar negeri. Karenanya, mari sama-sama kita dukung dengan membelinya, jangan dibajak ya! :D

blog comments powered by Disqus