Yahoo! yang sedang berevolusi secara manajerial, membuat sang logo
pun ikut bertransformasi. Uniknya ini dilakukan dalam waktu 30 hari dan
di perbaharui setiap harinya, sampai menemukan pilihan logo yang paling
pas dengan kriteria yahoo! yang sekarang, yaitu fun, vibrant, and welcoming.
|
logo hari-hari yang lalu |
Selama 30 hari, terdapat 30 varian logo terbaru dari yahoo!, dan sampai akhirnya yahoo menemukan logo yang terbarunya.
|
Logo terbaru yahoo! yang di umumkan hari ini 5 September 2013 |
Apakah hanya begitu saja sebuah logo berubah? Tingkat subjektifitas dalam menemukan logo sangatlah tinggi, karena ketika mengajukan sebuah logo, biasanya langsung presentasi ke pemilik perusahaanya atau pemegang keputusan, dan biasanya yang dipilih adalah yang paling "disukai" si pemilik (pengalaman sih begitu). Walaupun sebetulnya dalam desain, selalu ada peneletian, dan penjelasan yang lebih logis yang mendukung konsep dari Logo yang diajukan.
Berikut adalah contoh penelitian tentang pencarian logo yahoo! ini dari
survata.com sebelum logo baru yahoo! diumumkan.
Berikut adalah penelitian berdasarkan atribut dari logo yahoo! yang lama
Ternyata logo yang keluar diambil menjadi logo baru yang paling mendekati adalah perpaduan dari logo hari ke 8 dan ke 10, begitu menurut pengamatan saya, sedangkan menurut survey adalah logo hari ke 11. Jadi kalo mau rubah logo lebih baik melakukan riset, tetapi yang paling penting risetnya adalah riset tentang si pemilik perusahaan, atau si penentu keputusan, karena kadang kejadian di lapangan tidak bisa diduga. well, yang penting usaha yang sungguh2 deh yaa kamak-kamak sekalian hehehe... selamat buat yahoo! dengan logo barunya deh :D