DKV UNPAS Bandung: Talk to Your Daughter before Unilever Does

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Talk to Your Daughter before Unilever Does

at 1/07/2008 , , View Comments




Dove ad directed by Tim Piper.
Art Directors: Stuart Campbell, Mike Kirkland, Sharon Lee Pan. Written by Tim Piper.
Account handled by Aviva Groll and Mike Hemingway.
Exec Producer: Brenda Surminski, Producer: Jeff McDougall
DP: Marc Laliberte-Else (inc Ray Dumas)
Post: Soho (editors Kevin Gibson/TP), Sound: Vapor, Song: La Breeze, by Simian
Campaign for Real Beauty credits include Dennis Lewis and Malcolm Poynton from Ogilvy London.


Dove pernah membuat seri kampanye Onslaught, tujuannya memperingatkan orang tua agar anak mendapat informasi yang lengkap mengenai konsep kecantikan bukan dari industri. Secara tidak langsung ia mau bilang, jangan percaya dengan iklan tentang kecantikan, karena mempromosikan kulit putih sebagai bagian dari syarat kecantikan, atau konsep berat badan. Proses pembuatan iklan itu bisa dilihat di sini.

Iklan yang berupa film pendek ini, direspon oleh banyak sekali blog dan film pendek pula. Misalnya dari blog PSFK Conference New York, yang menulis begini:

Dove’s intention may be good, but the irony of the campaign has not gone unnoticed. Filmmaker Rye Clifton offers a response to the film, with a mash-up short of his own called “A Message from Unilever” (view it below). In it, he contrasts the contradictory messages put out by the corporation that owns both Dove and Axe, the latter known for its ads featuring scantily clad sexpots (whose parents apparently didn’t talk to their daughters before the beauty industry did) vying for the attention of horny Axe-sprayed men.
Tidak saja mengkritik Dove, tapi kritik juga dialamatkan kepada perusahaan empunya brand Dove dan Axe, Unilever. Kontradiksi Dove, yang juga pelaku industri kecantikan, mengundang kontroversi dengan iklan Onslaught-nya tersebut. Rye Clifton melalui film pendek berikut ini, menunjukkan bahwa Unilever, yang ada di belakang Dove dan Axe, tidak benar-benar "jujur" dalam kampanye Onslaught. Interview menarik dengan Rye dapat Anda baca di blog Shaping Youth.





Kritik lain, bisa juga dibaca dari blog Punk Planning, yang menampilkan data kualitatif menarik tentang segmen iklan kecantikan di wilayah Asia. Ironis, karena manusia Asia memang pada dasarnya dilahirkan dengan kulit tidak seputih orang Eropa atau Amerika. Hasil FGD ini membuktikan, bahwa karena gencarnya iklan mengkampanyekan kulit putih sebagai indikator kecantikan, orang Asia kini berpersepsi bahwa orang berkulit gelap adalah mereka yang "kampungan". Penulis blog itu sampai menyarankan kepada Dove, agar memberi disclaimer dalam iklannya, bahwa mereka mengakui semua warna kulit di muka bumi ini!


Sementara itu, iklan Onslaught ini ternyata juga menginspirasi GreenPeace, untuk bicara tentang Illegal Logging di Indonesia, berkaitan dengan Palm Oil yang digunakan Dove dalam produk mereka. Keren!

blog comments powered by Disqus