DKV UNPAS Bandung: SWOT Analysis

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

SWOT Analysis

at 1/07/2008 View Comments

Analisis SWOT adalah metode yang populer untuk analisis situasi dan sering digunakan terutama di bidang pemasaran, manajemen dan juga dalam pengembangan kepemimpinan. Ia terdiri dari empat komponen dasar: Strengths (kekuatan); Weaknesses (Kelemahan); Opportunities (Peluang); dan Threats (Ancaman).

Ada banyak versi tentang sejarah SWOT. Sebuah makalah mencoba mengurai dan merekonstruksi perkembangan awalnya. Dasar empiris SWOT dimulai pada 1952 di Departemen Perencanaan Pengembangan Perusahaan Lockheed. Salah satu perintisnya, Robert Franklin Stewart, menjadi kepala kelompok Teori dan Praktik Perencanaan di Stanford Research Institute pada 1962. 

Pada 1965, Stewart menerbitkan apa yang disebut Pendekatan SOFT dalam sebuah laporan yang digunakan oleh banyak orang. perusahaan besar di seluruh dunia. Di dalamnya, ia menyajikan serangkaian langkah logis (yang disebut rantai penalaran) untuk penetapan tujuan perusahaan. 

Pertama, nilai-nilai pemangku kepentingan dikumpulkan oleh staf perencana. Kemudian “setiap manajer mempertimbangkan untuk setiap aktivitasnya sendiri”… “apa yang harus dilakukan untuk menjaga kepuasan dalam operasi saat ini;” “buka pintu untuk peluang”; "memperbaiki penyebab kesalahan" dan "mencegah ancaman terhadap operasi di masa depan." 

Pertimbangan nilai ini kemudian ditransfer ke dalam pernyataan tujuan perusahaan yang memberikan arahan dari manajemen senior. Pada 1967, SOFT berkembang menjadi: Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats (Analisis SWOT). Ide penetapan tujuan partisipatif Stewart telah memudar dari ingatan kolektif kita juga; mereka mungkin cocok dengan ide-ide yang didorong oleh gerakan Strategi Pembukaan."

Ada pula yang menyebut Analisis SWOT ditemukan pada 1960 oleh konsultan manajemen bernama Albert Humphrey di Stanford Research Institute. Sebelumnya, perencanaan perusahaan tidak banyak berhasil. Perusahaan Fortune 500 membutuhkan cara untuk menghasilkan perencanaan jangka panjang yang dapat dieksekusi dan masuk akal. 

Humphrey dan tim penelitinya mengusulkan model SWOT untuk membawa akuntabilitas dan objektivitas dalam proses perencanaan, dan model ini telah populer sejak saat itu. Albert Humphrey menganjurkan melakukan analisis SWOT pada kriteria tertentu, seperti produk, proses, pelanggan, distribusi, keuangan, dan administrasi. 

Untuk mendapatkan hasil yang paling lengkap dan objektif, analisis SWOT paling baik dilakukan oleh sekelompok orang dengan perspektif dan kepentingan yang berbeda di lingkungan kerja. Manajemen, penjualan, layanan pelanggan, dan bahkan pelanggan semuanya dapat menyumbangkan wawasan yang valid. Selain itu, proses analisis SWOT adalah kesempatan untuk menyatukan tim dan mendorong partisipasi dan kepatuhan mereka terhadap strategi yang dihasilkan perusahaan. 

Analisis SWOT biasanya dilakukan dengan menggunakan template analisis SWOT empat persegi, tetapi juga bisa menggunakan daftar untuk setiap kategori. Gunakan metode yang memudahkan untuk mengatur dan memahami hasilnya.

Tahapnya, adakan brainstorming untuk mengidentifikasi faktor-faktor di masing-masing dari empat kategori. Sebagai alternatif, dapat meminta anggota tim untuk melengkapi analisis SWOT secara individu, kemudian bertemu untuk mendiskusikan dan menyusun hasilnya bersama-sama. 

Saat mengerjakan setiap kategori, jangan terlalu khawatir tentang elaborasinya; poin apapun dapat memulai pembuatan daftar. Cukup tangkap faktor-faktor yang diyakini relevan di masing-masing empat area tersebut.

Setelah selesai melakukan brainstorming, buat versi final yang diprioritaskan dari analisis SWOT, daftarkan faktor-faktor di setiap kategori dalam urutan prioritas tertinggi di bagian atas hingga prioritas terendah di bagian bawah. 

Di bawah ini adalah contoh hasil identifikasi keempat faktor SWOT. Dapat dilihat bahwa S dan W adalah faktor internal, hal-hal yang ada atau ditemukan dalam diri perusahaan/pelaku analisis ini. Sedangkan O dan T adalah hal-hal eksternal, atau di luar diri perusahaan.

Lalu ada dua aspek: positif dan negatif. Aspek negatif diwakili oleh W dan T, sedangkan aspek positif diwakili oleh S dan O. Nantinya, kita bisa mengembangkan matriks untuk melihat semua aspek tersebut.



Setelah menyepakati daftar dan ranking setiap aspek dalam SWOT, langkah berikutnya adalah mengembangkan strategi yang akan dilakukan. Pada akhirnya, nilai utama aktivitas ini adalah mendayagunakannya untuk memaksimalkan pengaruh positif pada pekerjaan/bisnis, dan meminimalkan pengaruh negatif.

Tapi bagaimana Anda mengubah hasil SWOT Anda menjadi strategi? Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mempertimbangkan bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan Anda saling tumpang tindih. Ini kadang-kadang disebut analisis TOWS, yang dikembangkan oleh Heinz Weirich pada 1982, lewat makalah berjudul The TOWS Matrix A Tool for Situational Analysis.

Analisis TOWS adalah perpanjangan dari kerangka Analisis SWOT yang mengidentifikasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman tetapi melangkah lebih jauh dalam mencari untuk mencocokkan Kekuatan dengan Peluang dan Ancaman dengan Kelemahan. Ini adalah langkah berikutnya setelah menyelesaikan SWOT,  dan memungkinkan pelaku mengambil tindakan dari hasil analisis.

Misalnya, lihat kekuatan yang Anda identifikasi, lalu temukan cara untuk menggunakan kekuatan tersebut untuk memaksimalkan peluang (ini adalah strategi kekuatan-peluang). Kemudian, lihat bagaimana kekuatan yang sama dapat digunakan untuk meminimalkan ancaman yang Anda identifikasi (ini adalah strategi kekuatan-ancaman).

Melanjutkan proses ini, gunakan peluang yang Anda identifikasi untuk mengembangkan strategi yang akan meminimalkan kelemahan (strategi kelemahan-peluang) atau menghindari ancaman (strategi kelemahan-ancaman).

Setelah Anda mengembangkan strategi dan memasukkannya ke dalam rencana strategis Anda, pastikan untuk menjadwalkan pertemuan tinjauan rutin. Gunakan pertemuan ini untuk membicarakan mengapa hasil strategi Anda berbeda dari apa yang Anda rencanakan (karena akan selalu begitu) dan putuskan apa yang akan dilakukan tim Anda ke depan.

Tabel berikut mungkin membantu Anda mengatur strategi di setiap area:


Promosikan - strategi SO (kekuatan - peluang)
Dalam skenario kasus terbaik, area ini sangat besar: di sinilah kekuatan bertemu dengan peluang. Di sini, Anda dapat memanfaatkan keterampilan tim Anda untuk mendapatkan keuntungan. Bandingkan kekuatan Anda dengan peluang Anda dan cobalah untuk "mencocokkan" keduanya - dengan cara ini Anda dapat mengidentifikasi titik koneksi dan membangun keunggulan Anda.

Netralisasi - strategi ST (kekuatan - ancaman)
Anda dapat menggunakan kekuatan Anda untuk mengurangi dan menghindari risiko. Risiko yang teridentifikasi dapat dicegah dengan keterampilan dan perencanaan - ini disebut strategi netralisasi.

Mengejar - strategi WO (kelemahan - peluang)
Tidak ada yang bisa melakukan segalanya. Ada juga kelemahan tertentu dalam sebuah tim, misalnya karena kurangnya personel di satu area. Tetapi mereka yang telah mengidentifikasi kelemahan dapat mengerjakannya secara khusus. Kekuatan dapat diubah menjadi kelemahan melalui strategi transformasi ini. Strategi ini sangat penting jika Anda menemukan proses yang dapat Anda tingkatkan, terutama di area di mana pesaing Anda kuat.

Penghindaran - Strategi WT (kelemahan - ancaman)
Idealnya, area matriks Anda ini harus sangat kecil, karena dapat mengancam keberhasilan acara Anda. Jika Anda tidak dapat menghindari peningkatan area ini, penting untuk menjaga kerusakan sekecil mungkin: Kerjakan kelemahan Anda sambil mencoba untuk menjaga kemungkinan kerusakan sekecil mungkin.


Referensi: 
  • https://journals.aom.org/doi/abs/10.5465/AMBPP.2020.132
  • https://web.archive.org/web/20130104102543/http://www.sri.com/sites/default/files/brochures/dec-05.pdf
  • https://articles.bplans.com/how-to-perform-swot-analysis/
  • https://sweap.io/blog/swot-analysis-for-events
  • https://getlucidity.com/strategy-resources/an-introduction-to-tows-analysis/
  • https://www.academia.edu/34211017/The_TOWS_Matrix_A_Tool_for_Situational_Analysis


blog comments powered by Disqus