DKV UNPAS Bandung: Online Presentation?!

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Online Presentation?!

at 10/26/2010 , View Comments

Belum juga selesai belajar presentasi langsung, sekarang udah ada jenis presentasi online, waks pasti beda juga nih cara presentasinya. Presentasi online biasanya dilakukan di acara webinar, mungkin ada yang pernah denger istilah webinar, atau gampangnya adalah presentasi atau pertemuan yang dilakukan via internet. Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet yang juga sudah menjadi bagian dari keseharian, maka kegiatan tatap muka atau kegiatan keseharian lainnya sudah mulai banyak dilakukan via internet, dan salah satunya yaitu kegiatan presentasi.

Berdasarkan riset 1080 group research pada bulan Mei dan Juni tahun 2009, webinar memang menjadi lebih murah, karena dapat menghemat waktu dan menghemat ongkos. Walaupun mungkin belum menjadi pilihan favorit bagi presenter, karena memang komunikasi tatap muka adalah komunikasi yang paling efisien. Sedangkan untuk presenter di Indonesia, selain karena masalah komunikasi yang efisien, juga karena memang belum ditunjang dengan fasilitas internet yang memadai dan yang ekonomis.

Jika presentasi langsung adalah tatap muka, maka presentasi online adalah tatap monitor. Hal ini akan sangat mempengaruhi komunikasi dalam presentasi, terutama komunikasi bahasa tubuh dan ekspresi yang terbatas. Ada perbedaan karakteristik dalam melakukan presentasi secara online dan secara langsung, mulai dari persiapan presentasinya, alat bantu presentasi, sampai kepada cara melakukan presentasinya itu sendiri. Berikut adalah beberapa perbedaan mendasar antara presentasi online dan presentasi tatap muka langsung :


Dengan perbedaan karakteristik presentasi yang kemudian merubah cara melakukan presentasi, maka akan sangat wajar jika terjadi kesalahan-kesalahan teknis atau non teknis dalam melakukan presentasi online. Seperti kalimat pembuka buka di awal postingan ini, presentasi tatap muka saja masih banyak yang melakukakan kesalahan (bisa di cek dipostingan berikut) apalagi jika presentasi online. Tetapi tidak perlu pesimis, ada beberapa tips dalam melakukan presentasi online, yang juga masih berlaku dalam presentasi tatap muka. Berikut adalah beberapa langkah yang harus disiapkan dalam melakukan presentasi online :



Yang paling menarik untuk saya adalah di langkah terakhir, ingatlah bahasa tubuh virtual Anda! 
Selamat mencoba berpresentasi online :D

Sumber materi diambil dari A1080 Group, LLC
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails