DKV UNPAS Bandung: Indahnya Visualisasi Informasi

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Indahnya Visualisasi Informasi

at 9/18/2010 , View Comments


Informasi itu indah. Setidaknya itulah kesimpulan David McCandless, jurnalis yang ngulik visualisasi data dan mempresentasikannya di TED.com. Lebih dan kurangnya, saya setuju dengan pernyataan ini. data memang bisa sangat indah, dan yang lebih penting tentu bisa lebih mudah dan cepat dipahami. Data yang paling rumit sekalipun, bisa menjadi informasi yang sangat berguna jika berhasil divisualisasikan dengan baik pula. Seperti pada posting sebelumnya, tentang visualisasi kasus bangkrutnya bank di Amerika yang menyebabkan krisis global.

So information is beautiful. Data is beautiful. I wonder if I could make my like beautiful. And here's my visual C.V. I'm not quite sure I've succeeded. Pretty blocky. The colors aren't that great. But I wanted to convey something to you. I started as a programmer, and then I worked as a writer for many years, about 20 years, in print, online and then in advertising, and only recently have I started designing. And I've never been to design school. I've never studied art or anything. I just kind of learned through doing.

Kemampuan memvisualisasi data seperti ini membutuhkan pemahaman yang mendalam tentang informasi tersebut. Mengeksplorasi dan meneliti merupakan dasar kompetensi yang harus dikuasai. Maka, tidak heran jika seorang desainer, harus memiliki kemampuan meneliti yang baik, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Dan tentu saja kemampuan mengkomunikasikan setumpuk informasi itu secara visual, adalah kemampuan intinya.

Di era informasi cepat dewasa ini, desainer yang mampu memvisualisasikan informasi akan menjadi profesi yang dicari-cari. Berbagai alat bantu untuk memvisualisasikan informasi, saat ini sudah banyak bertebaran, sehingga tidak banyak kendala untuk mengeksplorasi bidang garapan ini. Seorang jurnalis seperti David McCandless saja mampu mengeksplorasi informasi ke dalam tampilan yang menarik dan efektif.

...And when I started designing, I discovered an odd thing about myself. I already knew how to design, but it wasn't like I was amazingly brilliant at it, but more like I was sensitive to the ideas of grids and space and alignment and typography. It's almost like being exposed to all this media over the years had instilled a kind of dormant design literacy in me. And I don't feel like I'm unique.

Dalam konteks presentasi, maka kemampuan memvisualisasikan informasi akan sangat membantu. Slide presentasi yang memiliki ruang terbatas, bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengeksplorasi visualisasi data dan informasi. Menyampaikan informasi yang rumit secara efektif, akan menjadi tantangan yang menarik. Asal jangan lupa, seperti yang pernah diperingatkan oleh Edward Tufte, indahnya tampilan data tidak boleh sampai mengaburkan esensi informasi yang disampaikan.
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails