DKV UNPAS Bandung: Masih tentang Iklan: Banyak yang Menyesatkan

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Masih tentang Iklan: Banyak yang Menyesatkan

at 12/04/2008 , View Comments


Jakarta, Kompas - Banyak iklan produk kesehatan menyesatkan dan tidak mendidik. Kondisi ini merugikan masyarakat selaku konsumen. Untuk itu, pemerintah harus segera menertibkan promosi produk kesehatan yang menyesatkan itu.
Kalau dalam post yang lalu kita bicara soal iklan politik, barusan ada artikel dari Kompas mengenai iklan kesehatan. Kali ini ada pihak yang mulai angkat bicara, lalu kapan ada yang angkat bicara soal iklan politik? Terutama menyangkut peraturan, seperti yang diungkapkan YLKI berikut:
Padahal, dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen disebutkan materi iklan harus jelas, benar, dan jujur. Pada iklan obat, pengiklan harus mencantumkan informasi apa penyebab timbulnya keluhan, dan tidak boleh menjadikan tenaga kesehatan sebagai model iklan.
Iklan politik kita juga banyak yang menyesatkan, omong kosong, tapi sayangnya tidak pernah masuk dalam kategori kebohongan publik. Kalau mau jujur, iklan-iklan lain juga banyak yang sama-sama menyesatkan. Lalu kapan ada tindakan? Siapa yang harus menindak?
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails