DKV UNPAS Bandung: Bersama-sama Membuat Logo "Human Rights"

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Bersama-sama Membuat Logo "Human Rights"

at 5/10/2011 , , , View Comments

http://humanrightslogo.net/
Jerman beserta beberapa negara lainnya: Bosnia & Herzegovina, Canada, Chile, the Czech Republic, Germany, Indonesia, Mauritius, Senegal, Singapore and Uruguay, bersama-sama menginisiasi sebuah kampanye untuk membuat logo universal untuk Human Rights, atau Hak Asasi. Seperti yang diposterkan dalam web mereka, selama ini hak asasi tidak memiliki simbol yang universal, seperti "Cinta" dengan simbol hati, atau "Peace". Harapannya, kampanye ini akan menghasilkan satu logo, atau simbol yang universal tentang hak asasi, sehingga dapat digunakan dimanapun di dunia.

Kampanye ini dilakukan dengan membuat lomba logo, yang resmi dimulai pada tanggal 3 Mei 2011, dan akan berakhir hingga 31 Juli 2011. Lomba ini berlaku untuk semua orang, siapapun dia, baik yang profesional maupun yang amatiran. Lomba inipun menerima ide logo dalam berbagai format, dari mulai gambar jadi, sampai foto ranting yang disusun sedemikian rupa membantuk gagasan simbol hak asasi. Pemenang utama akan mendapat hadiah 5,000 Euro, atau $7,300.

Berikut aturan dasar dalam mengikuti lomba ini:

Latar Belakang
Saat ini belum ada simbol universal yang mewakili gagasan Hak Asasi. Logo untuk "Human Rights" ini diharapkan dapat menyebarkan gagasan tantang hak asasi ke seluruh dunia dengan kekuatan bahasa visual yang jelas, dan unik. Gagasan lomba ini secara umum untuk menemukan satu simbol yang unik dan jelas, dengan mengundang kreatifitas dari seluruh penjuru dunia.

Tujuan
Tujuan utama dari lomba ini, adalah menciptakan sebuah logo yang dibuat oleh masyarakat, untuk masyarakat sendiri, yang diharapkan dapat memberi kontribusi positif terhadap penyebaran dan implementasi hak asasi di dunia.

Tugas
Tunjukkan pada dunia logo Hak Asasi Manusia buatan Anda!

Apa yang harus Anda lakukan
Tunjukkan gagasan Anda, baik dalam bentuk sketsa, maupun gambar logo yang sudah lengkap. Yang penting, gagasan itu meyakinkan sebagai gagasan simbol hak asasi manusia yang bisa berlaku universal.

Bagaimana caranya berpartisipasi
Unggah logo Anda ke www.humanrightslogo.net, setelah login baik melalui web langsung, maupun menggunakan akun facebook maupun twitter. Diskusikan dan cermatilah logo-logo yang sudah ada sebelumnya, yang akan didukung pula oleh tim ahli. Sebuah tim juri yang terdiri dari beberapa orang aktivis hak asasi dan para ahli desain, akan memilih 10 besar gagasan terbaik, selanjutnya karya-karya itu akan dipolling kembali oleh seluruh pengunjung di dunia.

Mengapa Anda perlu ikut lomba ini
Logo yang terpilih akan digunakan sebagai simbol global untuk Hak Asasi Manusia di seluruh dunia. Dan lagi, hadiah utama untuk pemenang utama lomba ini cukup besar, 5000 Euro, gagasan terbaik kedua akan mendapat 3000 Euro, dan gagasan terbaik ketiga mendapat 1000 Euro. (Pada saat artikel ini ditulis 1 Euro = Rp. 12,242.45).

Aturan Main
  • Karya/gagasan yang dipublikasikan melalui website www.humanrightslogo.ne dapat berupa: sketsa kasar di atas kertas, lukisan di atas kanvas, gambar digital melalui komputer, gambar dengan rangkaian ranting di atas pasir, dst.
  • Gagasan harus dapat dipahami dengan mudah meski tanpa teks yang menyertai gagasan tersebut.
  • Kata-kata yang dapat dicantumkan pada logo hanyalah “Human Rights”.
  • Perpaduan inisial (HR) dapat dikembangkan menjadi logo, hanya jika secara visual perpaduan itu mudah dipahami tanpa mencantumkan teksnya.
  • Penggunaan teks saja, tidak dapat diterima.
  • Hanya gambar yang dapat diunggah ke website, tidak berupa file video atau suara.

Ada 30 orang dewan juri, yang dibantu juga oleh panel 9 ahli yang secara sukarelawan akan membantu proses pemilihan logo ini. Di antara 30 juri itu, ada Aung San Suu Kyi dari Myanmaar, dan Muhammad Yunus dari Bangladesh, tokoh dunia pemenang hadiah Nobel Perdamaian. Mereka akan memilih 10 gagasan di antara 100 entri terbaik. Pengunjung Internet di dunia kemudian akan memilih satu pemenang dari 10 pilihan para juri tersebut, dimulai 27 Agustus sampai 17 September 2011. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada akhir September, di New York, Amerika Serikat.

Di antara sesama partisipan, Anda bisa saling mem-follow dan memberi komentar, serta memberi label "suka" terhadap gagasan orang lain. Masukan dari partisipan lain bisa sangat berharga, karena kita diberi kesempatan untuk membuat varian eksekusi terhadap gagasan yang sudah dibuat, sehingga dari maksimal 5 gagasan yang dapat diunggah, kita bisa memasang lebih dari satu alternatif eksekusi. Proses bersosialisasi ini tentu saja sebaiknya mengikuti aturan umum dalam bersosialisasi di internet, yang juga sudah ditetapkan dalam sebuah artikel yang berisi petunjuk dalam mengikuti lomba
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails