DKV UNPAS Bandung: Animasi: Scanimation

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Animasi: Scanimation

at 8/16/2010 View Comments

Scanimation merupakan teknik komputer animasi analog yang dikembangkan pada tahun 1960an akhir sampai tahun 1980an. Scananimation ini banyak digunakan pada produksi video berbasis animasi di televisi di era tahun 1970an-1980an untuk pembuatan iklan, promosi, pembukaan video show, musik video, dll. Ilusi optik adalah rahasia dari scanimation, yaitu dengan membuat garis-garis berjarak yang konsisten dan akurat kemudian meletakkan sebuah gambar yang sudah di olah di bawahnya. Gambar yang sudah diolah maksudnya, adalah gambar yang sudah dibuat bergaris seperti garis-garis diatasnya yang diulang dan ditumpuk secara berurutan.

Mungkin penjelasan saya agak membingungkan, karena saya mencoba mengkobinasikan beberapa penjelasan tentang scanimation dalam bahasa inggris kedalam bahasa indonesia. Munkin Penjelasan dalam bentuk video dari Rufus Butler Sader pembuat buku Gallop tentang Scanimation bisa lebih mudah dipahami, liat aja di sini. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat hasil scanimation yang sederhana berikut :





Masih banyak lagi contoh aplikasi scanimation ini, bisa dilihat dibeberapa link berikut :

1. Video Klip The Jackson 5 "blame it on the boogie" yang dirilis pada tahun 1978

2. Video pembukaan WTOP-TV tahun 1975

3. Video Network Promo (Promo di jaringan televisi) ABC tahun 1967

4. Video Sesame street menghitung sampai sepuluh

5. Video kumpulan aplikasi scanimation West Image

Dan ini adalah uji coba saya dalam membuat scanimation, saya menggunakan corel kemudian direkam oleh kamera digital. Berikut adalah hasilnya:





Tertarik mau nyobain, nih ada video tutorialnya kok, saya juga belajarnya dari video ini atao yang ini, hihi menyenangkan juga, rupanya sejarah animasi ini gede juga pengaruh dari para "geek" komputer. Kalo nonton yang dari contoh No. 3, keliatan keren banget jadi animator jaman itu, peralatannya luar biasa ribet deh. Aplikasi scanimation ini tidak hanya digunakan di TV, tapi ada juga yang sudah diaplikasikan di buku, seperti bukunya Pak Rufus Butler Sader.

Nah pada tahun 1980an perkembangannya scanimation digantikan oleh digital computer animation yang menghasilkan gambar lebih tajam dan 3D yang lebih canggih.
Referensi lainya: A Critical History of Computer Graphic and Animation
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails