DKV UNPAS Bandung: 7-Eleven Taman Menteng Jakarta

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

7-Eleven Taman Menteng Jakarta

at 3/02/2010 View Comments

oleh: errithethird

Kemarin saya main ke Taman Menteng Jakarta, tepat disebrangnya ada sebuah minimarket bernama 7-eleven, konsep toko ini mirip dengan circle K, mereka menyediakan tempat untuk nongkrong. Saya tertarik menulisnya bukan karena tempat nongkrongnya, tapi usahanya yang serius dalam membuat tempat nongkrong seperti misinya To consistently serve the changing needs of customers for their convenience.
Selain itu kita juga bisa melihat timeline perusahaan tersebut tepatnya di lantai dua, dikemas seperti sebuah pameran di museum, atau kah memang konsep mereka membuat Toko 7-eleven seperti museum?

 

7-eleven baru dibuka di Indonesia pada 7 November 2009, jadi ini minimart baru berumur 5 bulan jalan. Timeline Perusahaan ini dan proses penemuan menu khasnya semuanya dipajang disini. Berawal dari menjual telur, roti, dan susu di hari minggu, karena toko lain tutup pada hari minggu, waktu itu tahun 1927. 

 
  
  
  
  
  


Nah yang menarik selain dari cara 7-eleven memperlihatkan sejarah panjang dan dedikasinya, yaitu pada tahun 1964 mereka memulai menggunakan nama 7-eleven, sedangkan nama perusahaannya masih The Southland Corporation. Pada tahun 1999 perusahaanya ikut diganti menjadi 7-eleven, Inc. hal ini menarik, mungkin dikarenakan brand, nama perusahaan pun jadi mengikuti brand yang dibikin sebelumnya, itupun setelah 35 tahun brand itu berjalan. 

Saya meilhat 7-eleven betul-betul memanfaatkan ruang nongkrong yang nyaman tersebut dengan memajang sejarah perusahaan mereka, mungkin bisa membuat pelanggan mereka menjadi lebih loyal. Nah bagaimanakah kedepannya, apakah si 7-eleven ini akan mampu bersaing dan dengan Circle K yang telah berhasil di jagat Toko Indonesia? 

semoga akan ada toko lokal dari Indonesia yang bisa mendunia seperti toko-toko tersebut diatas. :D

blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails