DKV UNPAS Bandung: Sejarah Photoshop Brow!!

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung



Tiap hari make, ngulik-ngulik cara cepat ngoprek gambar atau foto, tapi ternyata saya ga tau sejarahnya begimana sampe muncul nih aplikasi, yah yunowlah yah, photoshop brow!
Kamak-kamak sekalianpun dijamin akrab ama aplikasi ini, yah walopun masih pake yang baj**** atau ngopi dari temenlah masternya kali yak, syukur-syukur kalo dapet beli mah.

Keluarga Knol adalah yang mempelopori terciptanya aplikasi photoshop. Dimulai dari Glenn Knoll yang merupakan seorang profesor di Michigan, penyuka fotografi yang memiliki kamar gelap di rumahnya serta salah satu pembeli mac II plus untuk keperluan risetnya. Bapak Glenn ini punya dua anak laki-laki yaitu Thomas dan John.

gambar diambil dari tafreehmella.com

Keduanya sudah belajar komputer dan fotografi sejak kecil, Thomas tertarik pada gambar dan cara memanipulasi gambar melalui kamar gelap bapaknya, sedangkan John tertarik dengan kotak yang bernama komputer. Ketika besar John kerja di Industrial Light and Magic (ILM) Divisi sepesial efek dari Lucasfilm yang dibuat untuk keperluan Star Wars, sedangkan Thomas belajar tentang image proccessing di universitas Michigan. John ternyata bekerja di seputaran image proccessing, yang kemudian berkolaborasilah kedua kakak beradik ini dan membuat aplikasi untuk image proccessing  bernama Display. Semakin hari makin kesini, John mulai banyak meminta ditambahkan fitur lainnya pada Display, seperti gamma, adjusting tones (level), balance, hue dan saturation. Pada tahun 1988 Display berubah nama menjadi ImagePro, dan John merasa ImagePro sudah cukup canggih dan bisa dijual. Setelah melihat pasar, ImagePro merupakan produk yang paling canggih untuk saat itu yang tersedia di pasaran. Kemunculan nama Photoshop rupanya tidak ada yang tau dari mana datangnya, menurut rumor nama itu di anjurkan oleh Publisher potensial pada saat demo ImagePro, yang kemudian menempel dan digunakan namanya.

ImagePro menuju Photoshop

Barneyscan membeli produk Knoll bersaudara ini dan dijual satu paket dengan produk scanernya. Sekitar 200 buah aplikasi knoll bersaudara ini dipasarkan barengan dengan scanner tersebut. Pada saat itulah pertamakalinya ImagePro diluncurkan sebagai Photoshop. Kerjasama dengan Barneyscan bukan kerjasama jangka panjang, sehingga John mencoba peruntungannya dengan mempresentasikan Photoshop kepada Adobe.

gambar diambil dari storyphoto.com
  
Kemudian, Dibantu Russel Brown, Photoshop akhirnya diterima Adobe, dan dibeli hanya lisensi dan distribusinya saja. Thomas mengembangkan terus Photoshop untuk menjadi Photoshop 1.0 dan John berkontribusi dalam membuat Plug in untuk photoshop. Perkembangan Photoshop sebagai Aplikasi Digital Imaging untuk masyarakat umum kian pesat, Thomas pun menambah orang untuk bagian pemograman, yang kemudian masuk Steven Guttman.
gambar diambil dari smashinghub.com
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails