DKV UNPAS Bandung: Dieter Rams, Inspirasinya Desainer Apple

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Dieter Rams adalah salah satu designer jadul yang inspiratif, beliau adalah seorang desainer industrial, head of designer di Braun, perusahaan manufaktur elektronik di jerman (1932). Karya-karyanya banyak menginspirasi desainer-desainer sampai sekarang, salah satu desainer yang terpengaruh olehnya adalah Jony Ive, Desainer di Apple.

Siapa yang tidak terinspirasi oleh desain-desain keluaran Apple? Harusnya lebih terinspirasi lagi kalo tahu sumber inspirasinya desainer Apple dari siapa (hohow).

Beliau memiliki 10 prinsip dalam mendesain yang baik (lihat lebih lengkapnya disini), katanya dalam mendesain yang baik itu sebaiknya :
1. Inovatif
2. Berguna
3. Estetis
4. Mudah dimenegerti
5. Menarik perhatian
6. Jujur
7. Abadi
8. Detail
9. Ramah lingkungan
10. Sesederhana mungkin

Berikut adalah sepotong wawancara beliau tentang pemikirannya terhadap desain dan dunianya.



Menurutnya, Desain adalah proses berfikir yang dimulai dari kepala dan sketsa (note: sampai sekarang Rams tidak punya komputer, wow!). Ayo siapa yang ngedisain langsung di komputer? sketsa bray sketsa hahah!

Berikut adalah contoh desain dari Rams dan Jony Ive, monggo ditilik-tilik yo...
gambar diambil dari http://charliebroadway.blogspot.com
Jadi kamak-kamak arakan lebah, ayo coba cari inspirator dari jaman Opa Dieter Rams hehehe biar bisa kayak Om Jony Ive, atau mungkin lebih keren lagi dari mereka yak hahahay smanap!

blog comments powered by Disqus