DKV UNPAS Bandung: 9 Sikap Harus Dimiliki Menjadi Orang Kreatif

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Pesawat Transparan
Kreativitas sebagai Ruang Imajinasi Ide Cemerlang versus Kenyataan

Creativity = Create + Activity
Kreativitas = Kreasi + Aktivitas = Aktivitas mencipta

Jika melihat definisi di atas berarti orang yang mampu menelorkan ide saja belum bisa dikatakan orang kreatif. Berdasarkan definisi tersebut orang kreatif adalah orang yang mau bersusah payah menuangkan ide bagusnya kedalam bentuk yang nyata, orang yang berhasil membuat idenya terealisasi, tentunya ide yang baik, bukan ide yang biasa-biasa saja, bukan pula ide contekan. Setuju tidaknya Anda akan pernyataan ini semua terpulang pada pandangan pribadi masing-masing.

Kalau begitu bagaimana dengan orang-orang yang pandai berkonsep, yang idenya banyak, yang bisa berkhayal, bisa mikir ini dan itu? Bagaimana dengan para demonstran yang dibenaknya terisi khayalan akan keadaan ideal, apakah mereka juga bisa disebut orang kreatif?

Mari Kita lihat kreativitas yang memiliki bentuk nyata, dimana pemikiran ide yang cemerlang diperjuangkan dengan susah payah oleh si pemilik kreativitas. Steve Jobs, bisa jadi pendiri Apple Computer adalah CEO yang paling kreatif sampai saat ini. Sebagai seorang yang penuh ide cemerlang, Steve Jobs tak berhenti sampai di tahap khayalan, namun melangkah dan bekerja keras membawa ide tersebut sampai pada kenyataan. Kombinasi antara kreativitas dan kerja keras inilah yang akhirnya membawa pada kesuksesan. Steve melakukan terobosan-terobosan baru yang kreatif mulai dari product PC yang sophisticated, MP3 yang paling “cool” iPod, layanan download lagu iTunes, smartphone berteknologi canggih yang ‘menyenangkan’ iPhone, sampai pada iPad yang sama sekali tidak ternalar oleh otak Kita hehehe (berlebihan ya). Oh iya seperti Kita ketahui semua Steve juga adalah orang yang menjadi penyelamat Apple dari bahaya kebangkrutan semasa hidupnya.

Sebagai pribadi yang kreatif tentu otak kita di penuhi dengan ide-ide cemerlang dan idealisme. Pilihannya adalah apakah kita hanya berhenti di titik khayalan atau kita mau turun tangan, bekerja keras membuat ide kita menjadi kenyataan. Apakah kita akan dinilai sebatas orang yang idenya kreatif atau pribadi yang benar-benar kreatif dan sukses, tergantung pada realisasi ide dan hasil akhir.

Memiliki ide cemerlang barulah awal dari suatu pekerjaan, selanjutnya adalah kerja keras, perencanaan yang matang, usaha persuasive yang jitu dan daya tahan untuk bisa merealisasikan ide tersebut sampai jadi kenyataan.

Akhirnya kalau Saya boleh menyimpulkan bahwa untuk menjadi orang kreatif setidaknya inilah yang harus kita miliki dan terus kita ingat yaitu jangan lupa untuk menjadi pribadi yang PROBLEM SOLVER, INNOVATIVE, VISIONER, STRUGGLE, SPONTAN, EVALUATOR dan IMPLEMENTATOR, ELABORATION dan tentunya ORIGINALITY.

Gimana sudah siap merealisasikan ide cemerlang Anda???
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails