DKV UNPAS Bandung: World Graphics Day 2011

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

World Graphics Day 2011

at 4/27/2011 View Comments

Rodolfo Fernandez Alvarez
27 April diperingati sebagai World Graphics Day, atau Hari Grafik Sedunia, yang juga merupakan hari kelahiran Icograda, asosiasi desain grafis di Kanada pada tahun 1963, yang juga memiliki jaringan di hampir seluruh dunia. World Graphics Day sendiri mulai diperingati sejak tahun 1995.

Icograda itu sendiri, adalah singkatan dari the International Council of Graphic Design Associations, merupakan lembaga dunia untuk para profesional di bidang desain komunikasi. Lembaga ini melingkupi isu desain grafis, komunikasi visual, manajemen desain, promosi, pendidikan, penelitian, dan jurnalisme. Icograda mengusung peran desainer komunikasi dalam masyarakat dan dunia industri.

World Graphics Day digunakan sebagai momen bagi para desainer untuk mengkuhkan dan merefleksikan kembali peran dunia komunikasi visual di dunia. Para desainer biasanya juga diajak untuk mengoptimalisasikan lagi peran jaringannya, dalam meningkatkan komunikasi antar umat manusia, dan untuk membangun jembatan komunikasi untuk mengatasi kesenjangan di dunia.

Kali ini, di website Icograda tidak tampak ada peringatan khusus. Sebuah event peringatan World Graphics Day 2010 justru diselenggarakan sebuah organisasi perekrutan profesional, www.paladinstaff.com/ dengan mengajukan pertanyaan kepada beberapa desainer terkemuka. Pertanyaan yang diajukan adalah, "What does design mean to you?" Jawaban-jawaban ini lalu dikonteskan, siapa yang mendapat rating terbaik, akan mendapatkan hadiah dari perusahaan itu.

Berikut adalah beberapa jawaban para desainer yang ditanya tersebut:

Ryan LaLonde, Libertyville, IL. What does design mean to you?:
Design is where my heart intersects with my brain – passion and strategy. For a kid who grew up on a family farm in Michigan, it was an outlet that allowed for me to dream of bigger and better things. Whether designing ads for my hometown newspaper or creating a package design for a Fortune 500 Company – it gives me the same sense of satisfaction. It is about knowing that I am using all of my capabilities to meet a challenge.  

Victoria Fernandez, Astoria, NY. What does design mean to you?:
Passion, inspiration and motivation. Design is to make this a better world. Design is to contemplate and admire the environment. Design is to be proud of your surroundings. Smart design is to help the technology. Design is to grow up at the same pace as design does.

World Graphics Day 2010
Add caption
Pada peringatan World Graphics Day 2010 yang lalu, Icograda membuat event dengan tema "Why do you value design?" Event ini bertujuan menguatkan kembali nilai desain (grafis) di dunia, dalam hal advokasi, penyatuan, dan pelibatan. Icograda mengundang peserta di seluruh dunia, untuk melengkapi sebuah poster, yang bertuliskan: "I value design because..."

Hasilnya, seperti contoh gambar di samping, orang-orang berkomentar melengkapi template poster yang sudah dibuat. Lengkapnya bisa dilihat di galeri mereka, di http://www.flickr.com/.

Selain dalam bentuk poster, event tahun 2010 juga memanfaatkan berbagai media sosial yang ada, seperti facebook, twittter, dan youtube. Di facebook.com, mereka mendorong para peserta memperbarui status dengan tema event, di twitter.com menggunakan tagar #wgd2010, dan di youtube.com dengan menggunakan tag World Graphics Day. Sayangnya, tak ada dokumentasi yang lengkap mengenai hasil acara ini, kecuali beberapa poster dan satu video di youtube. Tampaknya, event tahun 2010 ini kurang berhasil, sehingga di tahun 2011 tidak dilanjutkan dengan event yang sama.

Jadi, seperti apakah peran desainer dalam mengatasi kesenjangan dengan mengembangkan komunikasi? Mari kita renungkan bersama :D
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails