DKV UNPAS Bandung: Awak Arakan Lebah Juara di Chitato Video Contest

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Awak Arakan Lebah Juara di Chitato Video Contest

at 12/30/2010 , View Comments

Oleh: Purnomo

Siapa sangka pemenang video contest kategori terheboh ini diawali dari proyek iseng dan coba-coba? Ya. Di bulan Mei kemarin kita-kita angkatan 2008 mengikuti Facebook Video Contest
yang diadakan oleh Chitato dengan tema ‘Life is never Flat’.

Ada 4 kategori video yang dilombakan, Terbaik, Tergokil, Terheboh, dan Favorit. Nah, dari 4 kategori ini dilihatlah masing-masing peluangnya. Kalau targetnya adalah terbaik, rasanya agak mengawang-awang karena parameter terbaik itu agak sulit ditebak, peserta yang berjumlah ratusan berpeluang sama untuk mendapatkannya. Lalu melirik ke kategori video tergokil, melakukan hal gila itu gambling, kalau berhasil ya bagus tapi kalau gagal kesannya bisa garing, masa mau dibilang garing? Kalau kategori Favorit itu gampang, tinggal mengerahkan insan facebook sebanyak-banyaknya untuk me-like video kita, tapi kalau sisa waktu voting cuma seminggu kemungkinan meraup pendukung banyak sangat kecil. Akhirnya melirik kategori Terheboh dengan kriteria paling rame dan heboh partisipannya, tapi tugas berikutnya adalah memunculkan kehebohan itu sendiri, karena rame belum tentu bisa heboh.

Proses syuting tanggal 12 Mei, sementara deadline tanggal 15 bulan yang sama. Glek! Kita mulai dari jam 2 siang sampai jam setengah 6, untuk kebutuhan 1 menit. Yang paling mengenaskan justru ide matang ceritanya muncul sesaat sebelum syuting, sekalipun sudah melakukan perencanaan yang agak lama. Karena pada awalnya cuma mau memakai 2 atau 3 orang, tapi setelah ngelihat anak-anak yang berceceran di teras kelas sambil ngerumpi kepikiran sesuatu untuk memberdayakan mereka. Dari sinilah memantapkan target ke kategori terheboh.

Kun faya kun! Dengan bermodal 2 kamera DSLR jadilah video ini lebih ramai dari yang diperkirakan wahai saudara-saudara.

Konsepnya biasa aja, yaitu bagaimana orang-orang yang berjuang memperebutkan Chitato meskipun sebiji doang. Nah, kalau dikaitkan dengan tema Life is Never Flat, untuk mencapai sesuatu butuh proses perjuangan, tapi nikmati aja dengan keceriaan. Dengan kata lain, kalau nggak menantang nggak seru. Setelah masuk nominasi di kategori terheboh, video ini harus bersaing dengan 5 nominator lain untuk memperebutkan singgasana pemenang.

Deg-degan nunggu pemenang, itu pasti, artinya organ jantung masih berfungsi dengan baik sesuai kodratnya.  Yap! Pada tanggal 10 Juni daftar pemenang pun dikeluarin. Sekali lagi, kun faya kun! Eeeh…menang! Ada kepuasan emosional  ketika karya kita diapresiasi baik oleh banyak orang. Dan lumayan, dikirimin sekardus Chitato yang kalau dimakan sendiri bisa bikin mblenger saking buanyaknya. Tidak lupa pundi-pundi rupiah sebanyak 3 juta menyertainya dengan hangat.

Well, langsung aja tonton videonya. Bisa dari youtube, atau dari Facebook. Heboh !

blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails