DKV UNPAS Bandung: Telat deh, Kawin Saja (Lagi...)

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Telat deh, Kawin Saja (Lagi...)

at 3/01/2010 View Comments



Iklan Fren Duo ini memang menarik. Menekankan pada pentingnya komunikasi, iklan ini menyindir pemakaian pulsa super hemat bisa membahayakan komunikasi. Makanya, mereka proposed produk mereka yang hemat biaya, demi kelancaran komunikasi.

Pendekatannya juga unik, framing cerita dengan durasi pendek. Inilah kelebihan insan kreatif, dalam waktu tidak lebih dari 30 detik, harus mampu bercerita. Alhasil, ini jadi mirip komik yang memanfaatkan closure sebagai ruang jeda. Closure, dalam komik adalah ruang kosong antar frame. Ruang kosong ini adalah "hak" pembaca, dimana mereka bisa berimajinasi untuk melengkapi sekuen satu frame ke frame berikutnya.

Selain itu, iklan ini juga memanfaatkan lateral thinking. Gambar/adegan masih cukup runtut, tapi kalau penonton tidak paham makna idiom "telat" dan "yang baru" yang digunakan dalam iklan ini, maka penonton tidak bisa ketawa. Maka keberhasilan iklan ini akan sangat tergantung pada survei awal terhadap khalayak yang diharapkan, seberapa populer kedua idiom tersebut sudah dipahami.

BTW, soal sinyal byar pet? Itu lain lagi persoalannya... :D
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails