DKV UNPAS Bandung: Tools for Progressive Communicators

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Tools for Progressive Communicators

at 9/05/2008 View Comments

Fenton Communication, public interest communications firm in the country sejak tahun 1982. Sebuah agen komunikasi yang peduli dengan isu sosial, punya banyak publikasi gratis di websitenya.

Itu dulu. sekarang web itu sudah berubah. Fenton Communication,  didirikan oleh David Fenton sejak 25 tahun yang lalu, bercita-cita menggunakan teknik komunikasi yang sama dengan yang dilakukan industri, untuk tujuan perubahan sosial. Karena mereka fokus pada perubahan sosial, lembaga ini juga tidak sembarangan memilih klien. Buat mereka, klien yang terpilih adalah yang bisa mewujudkan cita-cita mereka dalam hal perubahan sosial. Mungkin janji yang idealis, karena kita tahu bahwa agency pada umumnya memilih menjadi netral, karena ada mitos "klien adalah raja."


Di antara beberapa portfolio yang ditunjukan di web mereka, salah satu yang menarik adalah http://thefbomb.org/. Berikut keterangan pada slideshow yang mejelaskan latar belakang proyek tersebut:
When 16-year old Julie Zeilinger was sick and tired of seeing girls her age selling themselves short, she had an idea: reframe feminism for young women - to make it cool and relevant to their lives. But how? Fenton's response: Create a site to express the true voices of teenage girls on issues that matter the most to them. For Julie, this meant the creation of Fbomb, a blog that speaks to Gen-Y young women. Fenton's online experts and design team worked with Julie to create a logo and blog design for Fbomb. Fbomb launched in late Spring 2009 and has been consistently high performing, receiving as many as 45,000 hits in a single day.
Web ini merupakan gagasan Fenton dalam mengkampanyekan feminism, atau revitalisasi peran perempuan. Percaya diri kaum perempuan diharapkan bisa dibangun, dengan memberi ruang berekspresi kepada mereka, terutama remaja putri.

Mungkin benar, ketika dimulai website itu punya traffic kunjungan 45.000 per hari. Tapi kalau Anda coba periksa ke alexa.com, maka Anda akan mendapat data yang lain. Tampaknya jumlah traffic itu terlalu melebih-lebihkan.

Begitu pula kalau memperhatikan beberapa karya mereka, tampaknya tidak terlalu istimewa. Bagus, tetapi tidak istimewa. Apapun itu, web ini menawarkan beberapa materi yang menarik, yang bisa diunduh, di alamat ini: http://www.fenton.com/. Silakan jalan-jalan ke sana...
blog comments powered by Disqus