DKV UNPAS Bandung: Metode Problem Solving: Lateral Thinking

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Metode Problem Solving: Lateral Thinking

at 2/27/2008 , View Comments




Iklan di atas, adalah iklan iPod Shuffle. Anda tentu tahu apa itu. Nah, tokoh dalam iklan di atas, tidak tahu benda apa itu. Dalam pikirannya, benda putih pipih minimalis itu lebih mirip dengan alat pemeriksa kehamilan! Darimana gagasan alat pemeriksa kehamilan dengan iPod itu tiba-tiba berhubungan? Ya, iklan ini mau bicara tentang tipisnya dan kecilnya iPod, menyerupai alat pemeriksa kehamilan...

Temans, ini ada salah satu metode kreatif yang cukup menarik untuk dipelajari. Iklan di atas sangat mungkin menggunakan lateral thinking, karena kalau kita menggunakan vertikal/linier thinking, semua kata kunci yang berhubungan dengan iPod akan lebih mudah "ketebak". Hampir mustahil menemukan kata kunci "alat periksa kehamilan" ketika brainstorming tentang iPod dengan cara berpikir linier.

Dalam web berikut, ada beberapa teka-teki yang dibuat dengan lateral thinking. Kalau kalian sudah bisa menjawab dengan tepat, kemungkinan besar kalian sudah mampu berpikir lateral, seperti yang dijelaskan oleh Edward De Bono.

Lateral thinking itu sendiri didefinisikan oleh De Bono sebagai berikut:
A way of thinking that seeks a solution to an intractable problem through unorthodox methods or elements that would normally be ignored by logical thinking. Edward de Bono divides thinking into two methods. He calls one 'vertical thinking' that is, using the processes of logic, the traditional-historical method. He calls the other 'lateral thinking', which involves disrupting an apparent sequence and arriving at the solution from another angle.


Ini salah satu contoh pertanyaan lateral thinking:

(3) A man lives in the penthouse of an apartment building. Every morning he takes the elevator down to the lobby and leaves the building. Upon his return, however, he can only travel halfway up in the lift and has to walk the rest of the way - unless it's raining. What is the explanation for this?

Hints: He is very proud, so refuses to ever ask for help.
blog comments powered by Disqus