DKV UNPAS Bandung: Apa itu Desain?

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Apa itu Desain?

at 8/27/2007 View Comments

Video berikut ini aslinya berasal dari artikel John Winsor, tentang Creative Problem Solving dan perpaduannya dengan penelitian mengenai inovasi dalam produk. Tapi pertanyaan utamanya sama,  Apa itu Desain?

Meskipun ia menjelaskan dari dispilin Desain Produk, pandangnya mengenai apa itu desain bisa dipahami dengan mudah. Bagaimana desain harus diawali oleh sebuah kebutuhan, lalu dikembangkan berdasarkan hasil riset yang berbasis perilaku khalayak.

Anak muda ini, David Ngo, dulunya mahasiswa dari Universitas Stanford. Ia membuat video ini sebagai bagian dari tugas perkuliahan, yang membahas mengenai sejarah desain. Pembuka video ini yang mencoba menjelaskan bagaimana sulitnya menjelaskan desain dalam kalimat pendek, bisa menjadi tantangan pula bagi Anda para mahasiswa desain, bagaimana memahami prinsip dasar dalam desain?

Kata desain memang lebih populer di bidang fashion, dimana para desainer fashion memang jauh lebih populer daripada desainer produk atau desainer grafis. Karya-karya produk dan grafis memang cenderung anonim, berbeda dengan para desainer fashion yang menggunakan namanya sebagai merek produk. Ingat nama-nama seperti Dolce & Gabbana, Gianni Versace, Jean Paul Gaultier, John Galliano, atau Donna Karan? Bandingkan dengan nama Milton Glaser misalnya.

David juga menjelaskan bagaiman proses desain itu dilakukan, mulai dari riset soal kebutuhan dan perilaku khalayak, membuat rancangan sketsa, dummy, proses kritik, hingga ujicoba dan penyelesaian akhir. Secara umum, tahapan desain yang dikemukakan David, juga dilakukan di dunia desain grafis.

Nah, untuk memahami apa itu desain, silakan perhatikan video David Ngo ini.

blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails