DKV UNPAS Bandung: Infografik Rute Angkot Kota Bandung - Karya Simbiotik KMDGI X

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung


Saat pertama kali diskusi tentang permasalahan apa yang bisa dijawab dengan desain - khususnya Desain Komunikasi Visual - saya sudah peringatkan bahwa ada banyak masalah di luar sana. Semua persoalan itu, hanya bisa diselesaikan secara proporsional. Artinya, ada solusi yang bisa ditawarkan oleh DKV, tapi banyak pula yang butuh upaya lebih besar.

Masalah apa yang bisa diselesaikan oleh DKV? Yang pasti, terkait dengan persoalan komunikasi. Pada dasarnya, komunikasi hanya mampu menjangkau ranah informasi. Tahu atau tidak tahu, adalah persoalan mendasar yang bisa dijawab dengan informasi. Meski kata awareness bisa diterjemahkan lebih kompleks menjadi kasadar-tahuan, tetapi basis dari yang bisa dikelola oleh DKV adalah informasi.

Maka, saya minta diskusi difokuskan pada sesuatu yang bisa ditawarkan DKV Unpas sebagai solusi konkrit. Dari sekian banyak masalah yang diajukan, persoalan angkutan kota di Kota Bandung yang kemudian diangkat. Kebetulan, gagasan ini sebelumnya sudah  jadi wacana di kampus.

Selebihnya, saya tidak ikut campur lagi. Teman-teman panitia KMDGI X yang kemudian bergerak dan menyelesaikan karya ini. Sampai akhirnya video di atas dibagikan ke media sosial.

Selamat, guys! Semoga Arakan Lebah kembali berkibar di ajang Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis (KMDGI) X nanti.
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails