DKV UNPAS Bandung: Era baru Desain dan Dunia Digital

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Connecting adalah film dokumenter pendek yang dibuat oleh  Bassett & Partners dan Microsoft yang mengeksplorasi bagaimana hidup kita dan gadget yang kita miliki akan merubah hidup kita di dunia yang saling terhubung. Film yang berdurasi 18 menit ini layak di tonton, didalamnya terdapat wawancara para desainer dari Method, Twitter, Arduino, Frog, Stamen, Microsoft, dan Nokia.



Kolaborasi adalah kata kunci berikutnya ketika telah terhubung, sebagai contoh bisa kita lihat di http://www.thejohnnycashproject.com  dimana semua orang berpartisipasi menggambar di setiap frame yang disediakan pada video klip Johnny Cash yang telah disediakan, kemudian hasil gambarnya disatukan kembali sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk animasi hasil gambar semua yang berpartisipasi menjadi sebuah video animasi.


Dan kemudian teknologi baru di dunia internet yang mulai naik daun yaitu HTML5, yang akan membantu memfasilitasi visualisasi di dunia digital. Misalnya yang dilakukan oleh browser chrome pada alamat http://thewildernessdowntown.com/ menggunakan video, animasi, dan google map yang menghasilkan film pendek menuju lokasi yang kamak-kamak ketik di halaman pertama web tersebut.


Ada kata-kata menarik dalam film connecting yang disebutkan oleh Braise Aguera Y Arcas - Architect of Bing Mobile and Bing Maps yang mengatakan "Analog itu indah tetapi jangan berpikir analog". Komplek, menegangkan, sekaligus menantang kamak-kamak sekalian dalam mendesain nanti.

blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails