DKV UNPAS Bandung: Desain dalam Gerakan Sosial

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Desain dalam Gerakan Sosial

at 10/19/2011 , View Comments

Desain grafis, atau yang sekarang berkembang jadi Desain Komunikasi Visual, punya peran dalam menyampaikan pesan secara efektif. Contoh kasus dari situs OccupyDesign.org ini menarik untuk dipelajari. Saat ini, banjir informasi seringkali membingungkan masyarakat. Beragam kemasan informasi, baik yang terlalu bertele-tele maupun yang terlalu singkat menyebabkan kejenuhan, dan yang paling parah; salah paham.

Infografik sangat membantu memberi penjelasan yang rumit dalam kemasan yang sangat sederhana, tapi jelas menunjukkan substansi informasi yang ingin disampaikan. Dalam kasus ini, gerakan #OccupyWallStreet yang sudah menyebar luas di dunia, dijelaskan dalam infografik yang sederhana. Mengapa gerakan ini perlu ada? Apa makna 99% dalam gerakan tersebut? Semua penjelasan itu bisa disimak dalam infografik berikut:





Selain membuat infografik, mereka juga membuat ikon-ikon standar yang digunakan dalam infografik tersebut menjadi alat untuk digunakan bersama, sehingga semua orang yang tertarik berkontribusi bisa menggunakan bahasa yang sama dalam komunikasinya. Karena dalam setiap gerakan pendudukan ini biasanya mereka membuat kamp-kamp demonstran, maka sign system untuk lokasi demo juga disediakan di situs ini.
Community (komunitas/masyarakat)

Factory (pabrik)

Justice (keadilan)

Sign System untuk digunakakn di lokasi demontrasi/pendudukan

Situs ini punya akun Twitter @OccupyDesign tetapi belakangan diblokir tanpa sebab yang jelas. Beberapa karya lain kontribusi dari pendukung gerakan ini, bisa dilihat melalui tagar #OccupyDesign, atau ke Facebook Page mereka di www.facebook.com/OccupyDesign.

Komunikasi visual yang lugas dan sederhana ini tentu saja harus didukung dengan data yang valid. Semua informasi yang disampaikan bukan karangan semata atau berasal dari data yang bias, karena fungsi infografik memang untuk menyederhanakan informasi, bukan untuk membohongi khalayak/masyarakat. 
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails