DKV UNPAS Bandung: Cerita di Balik Film "Avatar" Versi Adobe

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Cerita di Balik Film "Avatar" Versi Adobe

at 10/14/2011 , , View Comments

Tahu film Avatar (2009) kan? Pasti lah. Kalau belum, boleh cari-cari dulu trailer deh filmnya di Youtube. Film ini menjadi fenomenal, berhasil memecahkan banyak rekor di antaranya film animasi dengan penonton terbanyak sepanjang masa. Ia bahkan mengalahkan Titanic (1997), sehingga menempatkannya sebagai film terlaris sepanjang masa di AS dengan pendapatan $760.505.847!

Di balik kesuksesan film itu, ternyata ada peran Adobe, perusahaan yang terkenal dengan beragam piranti lunak untuk multimedia maupun digital imaging. Dari situsnya Adobe, ada review mengenai bagaimana beragam piranti lunak Adobe digunakan dalam film tersebut, mulai dari pengembangan karakter menggunakan Photoshop, kemudian katalogisasi gambar dengan Lightroom, dan paska produksi animasi menggunakan After Effect.

Berikut adalah penjelasan Jon Landau, produser film "Avatar" melalui video dari Adobe TV:



Dari Youtube juga ada video presentasi Jon Landau awal Oktober lalu.



Adobe melalui situsnya juga menyimpan arsip situs-situs yang menggunakan produknya, misalnya Adobe Flash. Aplikasi ini sudah digunakan secara luas oleh banyak situs dengan animasi. Beberapa situs menarik pilihan Adobe ditampilkan pula di situsnya. Bahkan kalau tertarik mengirimkan situs karya sendiri dengan Flash, bisa mendaftarkannya ke Customer Showcase Submissions.
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails