DKV UNPAS Bandung: Misi Tulus Dibalik Restoran Cepat Saji

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung



Iklan dengan teknik stop motion ini mendapat pujian dimana-mana. Sebagai produk makanan cepat saji yang biasanya masuk kategori junk food, iklan ini masuk perkecualian. Dalam website-nya, chipotle.com mereka menyatakan sebagai Food With Integrity. Di sana dijelaskan, "It means that we support and sustain family farmers who respect the land and the animals in their care. It means that whenever possible we use meat from animals raised without the use of antibiotics or added hormones." Nah!

Fastcompany.com yang menulis tentang iklan ini, melukiskan misi Chipotle ini sebagai berikut:

It may ring a little false that an enormous fast food chain is trying to end factory farming, but Chipotle often puts its money where its mouth is. It buys more naturally raised meat than any other restaurant company in the country. And this summer, the company committed to using more than 10 million pounds of local produce in its restaurants.

Inilah integritas yang dimaksud Chipotle. Mereka berambisi mengembalikan peternakan untuk bahan makanan cepat saji mereka pada cara-cara yang alami, bukan penuh rekayasa dengan bahan kimia. Binatang ternak tidak lagi dikurung dan dicekoki makanan suplemen seperti pabrik manufaktur. Kepedulian ini kemudian dikemas dalam iklan yang lebih mirip film kartun, dengan teknik stop motion buatan Johnny Kelly.

Ia adalah desainer kelahiran Irlandia, sekolah desain grafis di Dublin Institute of Technology sebelum akhirnya menekuni animasi di The Royal College of Art dan mendapat penghargaan dari Conran Foundation Award by the Provost, Sir Terence Conran. Film animasi untuk tugas akhirnya, Procrastination memenangkan Jerwood Moving Image Prize 08, dan Best Animation, NYC Shorts 08.

Ia pernah menjabat sebagai New Director Showcase di Saatchi & Saatchi, dan sempat mendapat penghargaan Best New Director pada tahun 2007 dari Shark Awards di Kinsale. Ia kini bergabung dengan Nexus Productions sejak tahun 2007, dan telah menyutradarai beberapa iklan termasuk untuk Adobe, UN, BMW, Bacardi dan Google.

Menggunakan slogan dari salah satu bagian syair lagu Coldplay, 'The Scientist', "Back to Start", film kartun pendek Chipotle ini menceritakan bagaimana para peternak kembali mengolah peternakan mereka dengan cara 'lama'. Lagu itu sendiri dinyanyikan oleh Willie Nelson, bukan versi aslinya oleh Coldplay. 

Apa yang dilakukan Chipotle, mengingatkan kita pada isu Do Good Design. Isu keberlanjutan alam yang juga mereka usung, ternyata bisa bersinergi dengan restoran cepat saji, yang biasanya terkenal dengan citra buruknya. Semakin menarik, karena upaya serius ini justru menjadi nilai tambah mereka dibandingkan restoran yang lain. Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat, dan konsumen yang semakin cerdas, nilai tambah positif semacam ini jelas dibutuhkan. Iklan, tidak saja sekedar menawarkan harga murah, tetapi juga membawa misi yang mengetuk hati konsumennya.

Proses pembuatannya kartun animasi ini dimuat di Flickr.com, dalam serial foto yang bisa dilihat di bawah ini:


Created with Admarket's flickrSLiDR.
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails