DKV UNPAS Bandung: Kampanye Puma: Late Night Games Champions

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Kampanye Puma: Late Night Games Champions

at 7/25/2011 , View Comments

“You are the champions of late night games. You revel in ping pong, foosball, darts, bowling, pool and any other sport you can play with a drink in your hand. To you, victory does not always come in the form of a trophy; sometimes it´s a phone number.“

Gambaran generasi muda  dalam paragraf di atas terpampang di halaman depan situs kampanye Puma, puma.com/social. Kesuksesan yang oleh beberapa brand lain diukur dengan pencapaian yang 'luar biasa' (kalau tidak mau dibilang utopis), oleh Puma ditampilkan secara lebih wajar. Late night games champion, para juara tengah malam, adalah mereka yang biasa keluyuran di tempat hiburan malam, sambil melakukan beberapa jenis olahraga untuk bersosialisasi.

Sebagai atlit amatiran, kompetisi bukan tujuan utamanya. Dan seperti juga tujan orang datang ke hiburan malam, bukan tropi yang ingin dibawanya pulang. Mereka cuma ingin senang-senang, melupakan kepenatan, dan siapa tahu pulang dengan teman baru. Ini tentang kehidupan anak muda, karenanya menjadi interpretasi yang jenius untuk Puma Get Social Campaign. Simak saja versi pertama video dari kampanye ini:




Menyimak jalan cerita iklan videonya, bisa dirasakan atmosfir 'sosial' yang kental; orang-orang mentertawakan kegagalan, merayakan keberhasilan, tanpa pretensi ambisius untuk menjadi juara, atau yang nomor satu. Begitu pula tanpa perlu menampilkan siapa yang terbaik, dan yang kalah harus menyingkir. Semua orang bisa 'menang'.

Kampanye dari Puma ini digarap oleh Groga5 New York, berjudul "Puma´s After Hours Athlete". Video kampanye versi pertamanya diganjar penghargaan Film Craft Gold Lion dari festival film Cannes 2011, Perancis. Sementara video keduanya, mendapat kritik cukup pedas.

Berbeda dengan seri pertama, video versi keduanya tidak ada voice over yang membacakan narasi bak pembaca puisi, dan backsound yang dramatis. Isinya hanya anak-anak muda itu menyanyikan lagu "Everywhere We Go". Video kedua ini memang tidak dibuat oleh sutradara yang sama. Adweek yang me-review video ini menyebutnya lebih mirip "Nike doing Puma".


Mungkin Adweek benar, karena Nike dengan slogan Just Do It bisa dengan pas dipasang di akhir video itu. Tapi semangat 'semua orang bisa menang' dalam kampanye Puma, menurut saya tetap lebih menonjol dibanding apa yang selama ini ditampilkan Nike. Ini yang memberi warna yang unik bagi brand Puma.
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails