DKV UNPAS Bandung: Memviralkan Iklan, Mengiklankan Viral

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Memviralkan Iklan, Mengiklankan Viral

at 6/03/2011 View Comments

tv.popcrunch.com
Viral, di dunia marketing atau periklanan dikenal sebagai viral marketing. Viral berasal dari kata virus, kata viral sendiri menjadi kata sifat bermakna 'menyebar seperti virus'. Wikipedia menerjemahkannya sebagai Pemasaran Viral; strategi dan proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang.

Video Viral? Video viral adalah video yang menyebar dengan cepat dan populer di dunia maya. Penyebarannya bisa lewat email, twitter, atau bahkan lewat broadcast message di Blackberry Messager (BBM). Anda tentu masing ingat tentang video Keong Racun (6,817,865 pengunjung), atau Briptu Norman (2,021,385 pengunjung) yang fenomenal itu. Para tokoh di dalamnya, kini jadi selebriti mendadak gara-gara video yang diunggah ke Youtube, dan mendapat perhatian dari masyarakat luas. Bukan saja di dunia maya, bahkan media massa mainstream pun sibuk membahasnya.

Iklan, sekarang juga memanfaatkan strategi viral ini. Coba ingat-ingat lagi, berapa banyak iklan yang secara sengaja kita kirimkan kepada orang lain, karena iklan itu menurut kita "menarik". Bahkan tulisan ini pun, terinspirasi sebuah iklan yang bertema viral, meski entah apakah iklan itu bisa disebut viral beneran atau justru mengiklankan konsep viral. Iklan itu adalah iklan produk minuman mineral, "Smart Water", yang menggunakan Jennifer Aniston sebagai modelnya. Terasa ada sindiran di dalam iklan itu, misalnya bagaimana membuat sebuah iklan viral, dengan pendekatan perilaku binatang yang lucu, atau bayi, atau bahkan lipsync. Nah, video keong racun yang heboh itu, adalah lipsync yang cukup sukses, meski sebenarnya bukan iklan.

Kualitas si video, tetap menjadi patokan sukses atau tidaknya sebuah iklan viral. Apakah ia lucu, menggemaskan, kontroversial, mencengangkan, seksi, atau apalah. Menurut Jimmy Maymann, "The ideal campaign is edgy, surprising, original, erotic and emotional – and taps into popular culture." Ia adalah pendiri Goviral, salah satu biro iklan online pertama di dunia, yang menggunakan video dalam jaringan sebagai media iklan. Kumpulan tentang iklan viral, bisa dilihat di Viral Friday atau di Top Ten Viral Ad Campaigns.

Di bawah ini, ada salah satu video viral yang katanya paling menarik, setidaknya begitu menurut situs guardian.co.uk, tentang induk kucing yang memeluk bayinya dengan mesra. So sweeet.... :))

blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails