DKV UNPAS Bandung: Kaleidoskop Desain 2010 - World Best Presentation

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Kaleidoskop Desain 2010 - World Best Presentation

at 12/11/2010 View Comments

Menjelang akhir tahun 2010, kami berusaha mendokumentasikan beberapa karya desain yang beredar di internet dan diakui sebagai karya yang menonjol sepanjang tahun ini. Versi pertama ini, kami coba kompilasi beberapa karya presentasi yang menjadi pemenang dalam ajang World Best Presentation yang diadakan oleh slideshare.net. Ajang lomba ini juga diadakan tahun lalu, kebetulan karya-karya tahun ini baru saja diumumkan dari webnya, di slideshare.net.

Yang menarik dari pemenang ajang ini dari tahun ke tahun, presentasinya lebih bersifat self presentation, artinya presentasi ini rasa-rasanya memang diarahkan untuk menyampaikan informasinya tanpa harus ada presenternya. Mungkin akan sangat berbeda jika kita membuat presentasi sendiri, dan memang akan kita presentasikan dalam event yang sebenarnya.

Silakan menikmati!

1. Pemenang pertama, SMOKE - The Convenient TruthPresentasi ini bercerita seputar merokok. Konsistensi jenis huruf, penggunaan ilustrasi dengan kualitas yang baik, juga menjadi kekuatannya. Tentu saja informasi yang disajikannya, juga merupakan informasi yang menarik untuk disimak, bagaimana angka-angka statistik itu dikemas dengan visualisasi yang dramatis, sesuai topiknya.


2. Pemenang kedua, YOU SUCK AT POWERPOINT!

Presentasi kedua ini tak kalah menarik. Visualisasi yang simpel, konsisten pada pemilihan jenis huruf dan gaya visual, juga merupakan kekuatan presetansi ini. Fakta yang disajikannya seputar presentasi, mau menyatakan bahwa alat bukan pihak yang patut disalahkan kalau presentasi Anda buruk. Pilihan untuk menggunakan PowerPoint, atau yang lainnya, hanyalah sekedar pilihan ketersediaan alat. Jadi, jangan salahkan PowerPoint kalau presentasi Anda buruk, karena bukan di situ letak permasalahannya.


Presentations by @JESSEDEE.

3. Pemenang ketiga, Social Media for BusinessPresentasi ketiga ini, dari sisi konsistensi jenis visual yang digunakan tidak terlalu menonjol. Ada grafik di sana, ada foto hitam putih, begitu pula secara tata letak tidak terlalu konsisten. Mungkin ia jadi menarik karena cara menyampaikan informasinya memang cukup jelas, dan pemilihan simbol dalam visualisasinya cukup mengena.

Presentation by Presentation Advisors.
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails