DKV UNPAS Bandung: Komik Ramadhan: Lama tapi Selalu Kontekstual

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Komik Ramadhan: Lama tapi Selalu Kontekstual

at 8/27/2010 View Comments


Ramadhan, setiap tahun datang menghampiri. Dalam setiap Ramadhan, selalu ada banyak pesan untuk kita, memperbaiki diri, dan membersihkan diri untuk kemudian di akhir Ramadhan kita kembali suci. Tapi tentu kita tidak lupa bahwa setiap Ramadhan akan ada berita-berita sweeping, pembersihan dunia dari tindakan yang dianggap tidak menghormati kesucian bulan Ramadhan ini. Anda tentu tahu oleh siapa.

Melalui media komik dari tangan Aji Prast, seorang komikus asal Malang yang rajin ngeblog di multiply, pesan Ramadhan ditampilkan secara reflektif, mengingatkan kita pada situasi yang sering berlangsung tiap Ramadhan itu. Bahwa tahun ini ormas yang doyan melakukan sweeping itu berjanji, tidak akan melakukannya jika Pemda konsisten menegakkan peraturan daerah tentang bulan Ramadhan, cerita dalam komik Mas Aji ini selalu menarik untuk disimak.

Komik ini sarat oto kritik, tapi cerdas menggelitik. Kenapa hanya di bulan puasa saja maksiat harus diberantas? Bukankah maksiat memang diharamkan, sehingga tidak seharusnya ada? Tapi bagaimana dengan mereka yang nafkahnya menyerempet kehidupan maksiat seperti ini? Komik ini menceritakannya dengan lugas. Menurut Mas Aji dalam pembukaan komiknya, komik ini diangkat dari kisah nyata lho.

Silakan simak selengkapnya di http://klewang.multiply.com/. Banyak karya komik lain yang sangat menarik, misalnya tentang Sejarah Perang Jawa, bercerita tentang perjuangan Pangeran Diponegoro.

 *Gambar diambil dari blog Mas Aji: http://klewang.multiply.com/.
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails