DKV UNPAS Bandung: Inspirasi :3D Projection Mapping

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Pernah pergi ke bioskop atau nonton layar lebar? pasti tau dong gimana cara filmnya bisa ditonton di layar lebar? Yup, pake Proyektor dong. Kalo ngomongin 3D projection mapping maka gampangnya ya kayak kita nonton layar lebar, tetapi layarnya diganti oleh sesuatu yang 3 dimensi, misal; layarnya diganti jadi sebuah gedung atau benda lainnya yang 3 dimensi. Dengan teknik Shadow mapping maka efek 3D-nya jadi muncul, nah hal ini yang ngebedain ama nonton di bioskop.

Jadi daripada saya ngebacot terus mending liat aja dulu deh video berikut :





Contoh diatas adalah aplikasi 3D projection mapping pada iklan Samsung, sebenernya mirip juga sih ama ambient ads, mungkin pernah baca di postingan sebelumnya. Aplikasinya tidak hanya di gedung, tetapi bisa diaplikasikan dimana ajah, syaratnya cuman satu: kudu Gelap! Soalnya untuk melakukan proyeksi, cahaya adalah faktor utamanya, selain proyektornya tentu saja.

Di Indonesia masih sedikit yang main ginian, yang udah dipertunjukkan yaitu di museum Fatahillah Jakarta dan di Gedung Merdeka Bandung. yang di museum Fatahilah itu bikinan sebuah PH yang banyak mataharinya, sedangkan yang di Gedung Merdeka dibikin oleh anak ITB. liat aja karyanya dibawah ini

Di Museum Fatahillah:


Video Mapping @ Museum Fatahillah, Kota Tua, Jakarta - High Definition from Ryan Koesuma on Vimeo.


Di Gedung Merdeka:





Jadi gimana menurut kawan-kawan arakan lebah? kalo cuman segitu sih kayaknya awak arakan lebah bisa nih, soalnya saya denger banyak 3D artis disini hihihi.... well kita tunggu ajah tanggapan awak arakan lebah!

nb: manyak teu Kaseureud heuheuheu....
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails