DKV UNPAS Bandung: Sudah Siap Cetakkah Art Work Anda?

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Sudah Siap Cetakkah Art Work Anda?

at 5/06/2010 , View Comments



Beberapa tulisan tentang mempersiapkan cetak sudah pernah ditulis di sini, yang bisa dilihat pada kategori Printing di blog ini. Dari blog blog.echoenduring.com, ada tulisan menarik, berjudul Is Your Artwork Ready for Print? Tulisan ini didedikasikan untuk Anda yang sedang mempersiapkan Art Work untuk dicetak.

Persoalan cetak mencetak memang  sedikit menyebalkan, karena kalibrasi warna antara komputer dengan mesin cetak, tidak terjadi dengan begitu saja. Ada banyak faktor, mulai dari penyiapan file digital image di Photoshop, atau warna spot dari Illustrator. Semua itu butuh kendali yang tepat, karena kalau sampai meleset, What Yous See, Isn't What You Get.

Dulu, ada proses persiapan yang panjang sebelum Art Work kita bisa diperbanyak di mesin cetak. File yang kita persiapkan dalam perangkat lunak tertentu, harus dibuat film, lalu dibuat plat, baru kemudian mesin cetak bisa bekerja. Sekarang, selain digital printing yang bisa mencetak cepat tetapi dengan kuantitas terbatas, ada juga mesin cetak yang tak perlu lagi membuat film. Anda tinggal serahkan file Anda ke percetakan, mereka bisa memproses file tersebut langsung menjadi pelat, dan bisa langsung naik cetak.

Tergantung mesin apa yang Anda akan gunakan, persiapan untuk mencetak ini memang persoalan yang penting agar menghasilkan barang cetak yang berkualitas tinggi.

Silakan periksa artikel lengkapnya, di blog blog.echoenduring.com
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails