DKV UNPAS Bandung: Lomba Poster Deep Indonesia 2010

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Lomba Poster Deep Indonesia 2010

at 3/13/2010 , , View Comments



Forum Desain Grafis Indonesia (FDGI), tahun ini kembali menyelenggarakan lomba poster Deep Indonesia, yang tema utamanya adalah penyelamatan terumbu karang. Tahun lalu temanya tentang “Keharmonisan Manusia dengan Terumbu Karang untuk Ikan Berlimpah”, sedangkan  tahun ini, kriteria lombanya adalah sebagai berikut:

a. Tema poster:
“Rehabilitasi dan Pengelolaan Terumbu Karang untuk Kesejahteraan“

b. Target poster:
“Sasaran utama komunikasi adalah untuk merubah prilaku masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dalam kelestarian terumbu karang”.

c. Tujuan poster:
  • mengkomunikasikan tema, 
  • menggugah masyarakat umum untuk menjadi individu/komunitas yang aktif berpartisipasi menjadi pelestari lingkungan hidup dan sumber daya kelautan, 
  • menghidupkan kecintaan para nelayan dan masyarakat umum akan manfaat kelestarian alam untuk kekayaan potensi kehidupan laut, serta keindahan alamnya, 
  • menggugah kesadaran para nelayan dan masyarakat umum agar melakukan upaya pencegahan individu/kolektif atas perusakan kehidupan kelautan.

d. Anjuran:
Peserta Kompetisi dianjurkan untuk memperdalam referensi tentang tema Kompetisi, membangun esensi masalah dan sasaran komunikasi (terutama cara pemilihan gaya bahasa atau kata-kata yang cocok untuk masyarakat Indonesia secara umum), serta mengkaji manfaat desain dan fungsi poster. Terlampir dokumen "Ekosistem Terumbu Karang" yang dapat digunakan sebagai acuan dasar pembuatan konsep visual.

Selengkapnya ada di web FDGI, berikut ini http://www.fdgi.info/.

Telah terpilih 20 finalis dari 779 entry, dan semuanya tampak menarik. Tapi dari 20 finalis tersebut, kami mencoba membuat pilihan sendiri, berdasarkan pengamatan subyektif kami. Berikut adalah 3 entry yang kami jagokan bakal menjadi pemenang, menurut pilihan Arakan Lebah.





Dengan memperhatikan tema besarnya, "“Rehabilitasi dan Pengelolaan Terumbu Karang untuk Kesejahteraan“, gagasan solusi yang diajukan, dan teknis eksekusinya, ketiga karya inilah yang kami rasa pantas menjadi bakal calon pemenang.

Sebagai catatan, ada sedikit perbedaan pendapat dalam memahami kata "Kesejahteraan" dalam tema. Tetapi akhirnya kami sepakat memaknai kata itu sebagai kesejahteraan bagi manusianya, artinya manusia dapat mengambil keuntungan dari lestarinya terumbu karang. Sedangkan konteks "Pengelolaan" yang dimaksud, kami maknai sebagai rantai pengelolaan, mulai dari rehabilitasi hingga proses pendayagunaan kekayaan alam bawah laut.

Mari kita tunggu pengumuman dari dewan juri, tanggal 14 Maret 2010 yang akan datang.

*All image courtesy of http://www.fdgi.info/

UPDATE:
Belum ketemu info pemenang di web FDGI, sementara menunggu info, ini ada gosip lain. Dari blog DGI, ada dua komentar yang menunjukkan persamaan gagasan karya... Cek saja berikut ini:



Gambar sebelah kiri adalah karya http://pepey.deviantart.com/, sedangkan gambar sebelah kanan adalah karya http://danielbalaban.deviantart.com/. Ternyata gagasan jam pasir adalah gagasan yang populer... :D

Sementara itu ada pula lomba foto bawah laut, yang bisa disimak dari sini 4TH ANNUAL DEEP INDONESIA INTERNATIONAL UNDERWATER PHOTO COMPETITION

UPDATE 21 Maret 2010:
Akhirnya, nama pemenang sudah diumumkan. dan pemenangnya adalah:

Juara ke-1: Stephanie Pramoedito, mahasiswa DKV Universitas Pelita Harapan, Tangerang
Juara ke-2: Dedi Purnomo Sari, graphic designer, alumni ISI Yogyakarta
Juara ke-3: Eka Rahmawan & Ryan Sheehan Nababan, mahasiswa DKV Universitas Sebelas Maret Surakarta

Harapan ke-1: Ridho A Rizanov, mahasiswa DKV Universitas Bina Nusantara, Jakarta
Harapan ke-2: Nikko Purnama Lukman, mahasiswa DKV Universitas Pelita Harapan, Tangerang

Infomasi selengkapnya lihat saja di web http://dgi-indonesia.com

Selamat! *Dan, eh, tebakan kami nggak ada yang lolos... :D
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails