DKV UNPAS Bandung: I'm a PC: Gue PC

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

I'm a PC: Gue PC

at 9/24/2008 , View Comments

Image representing Bill Gates as depicted in C...Image via CrunchBase
Tahun 2008, Microsoft meluncurkan kampanye baru. Judulnya I'm a PC. Ingat iklan Mac yang khas, "I'm a Mac and I'm a PC"? Ini kayaknya versi Microsoft untuk 'melawan' iklan itu. Sementara tema besar yang diusungnya adalah "Life Without a Wall".

Sesuai konteksnya, Microsoft ingin menyampaikan bahwa jutaan orang di dunia, lebih banyak yang menggunakan PC daripada Mac. Mulai dari pebisinis rumahan, superstar, dari berbagai penjuru dunia, bahkan Bill Gates sendiri, tampil dalam iklan ini. Kabarnya kampanye baru ini menghabiskan 300 juta dollar. Uhm... keren gak sih?

Michael Arrington melalui blog TechCrunch.com menulis, kampanye kali ini cukup lumayan, karena berhasil melabrak stereotype yang dihembuskan oleh iklan-iklan Mac selama ini. Dalam iklan-iklan Mac, selalu ditunjukkan bahwa pengguna Mac adalah orang-orang keren, sementara pengguna PC adalah  orang-orang culun. Ini tampak jelas dari kostum yang dipakai masing-masing tokoh dalam serial iklan Get a Mac.

Ini komentar sebuah blog mengenai iklan baru Microsoft ini:
Great “stereotype” wink at the start of each one. The best part isn’t that the ads are good and that they work for all the reasons mentioned above (and they do). No, the best part is the way they effectively kill Apple’s Mac vs. PC ads: The diversity of PC users is so overwhelming compared to the kid from the Mac ads that once you’ve watched them and go back to Apple’s campaign, the only stereotype left is the Mac guy. There’s a much bigger world out there, Apple, and it belongs to us PCs.



Mac tentu tidak tinggal diam dengan serangkaian iklan yang diluncurkan Microsoft ini. Dalam sebuah iklannya, Mac menyindir Microsoft yang menghabiskan lebih banyak uang untuk iklan daripada pengembangan software-nya. Di adegan iklan itu, tokoh PC menyadari kalau budget pengembangan tidak akan efektif, tetapi bukannya memindahkan budget untuk pengembangan, ia malah memindahkan semua budget untuk Iklan! Berikut adalah iklan dari Mac:



Sebelum versi I'm a PC ini, kabarnya Microsoft meluncurkan 2 versi iklan yang 'agak aneh', menampilkan Bill Gates dan komedian terkenal, Jerry Seinfeld. 2 seri iklan itu katanya payah sekali, sampai-sampai harus 'ditarik'. Tapi ada juga yang berkomentar itu sudah menjadi bagian dari strategi Microsoft. Ah, mana yang bener? 300 juta dollar nih! Ini yang versi satu, dan ini yang kedua.

Berdasarkan berita di New York Times, dua iklan pendahulu itu memang diarahkan sebagai teaser, untuk memancing diskusi dan perdebatan, karena tiga iklan sesungguhnya, yang katanya hanya tayang dua buah, adalah iklan sebenarnya yang dimaksud oleh Microsoft dalam kampanye baru ini.

Teknik memanfaatkan kelemahan menjadi kelebihan ini, dirancang oleh Crispin Porter & Bogusky, sebuah biro iklan yang juga pernah menangani Burger King melalui masa-masa sulit mereka. Mereka memang paling pintar memanfaatkan budaya populer sebagai senjata dalam membangun opini. Trying to gain more firepower for ads by generating talk in the popular culture is another tactic of Crispin Porter’s, tulis New York Times.

Yang menarik, muncul gosip bahwa iklan I'm a PC versi web, ternyata dibuat menggunakan Mac! Seorang pengguna Flickr mendapati metadata dari file iklan Microsoft itu ternyata berasal dari Mac!  Setelah beberapa waktu, diperiksa kembali dan metadata file tersebut sudah diubah. Ini mengakibatkan ukuran file yang tadinya hanya 200-an kb, menjadi 800-an kb! Huehehe... Ada ada aja dah... :D
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails