DKV UNPAS Bandung: Menggagas Desain Sign System Kawasan Wisata

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Menggagas Desain Sign System Kawasan Wisata

at 4/07/2008 View Comments

 http://www.sxc.hu/photo/1199334

Kota seperti Yogyakarta, Bandung, Medan, dan kota besar dan kecil lainnya di Indonesia mempunyai magnet dan potensi yang dapat dikembangkan dalam hal kepariwisataan, potensi ekonomi, potensi seni budaya, dan potensi komponen arsitektur kawasan. Sayang potensi emas itu belum pernah ditata secara komprehensif dengan melibatkan berbagai unsur disiplin ilmu.

Hingga sekarang pariwisata masih dipahami dalam konteks musim-musiman, tidak bisa sepanjang hari musim turis, sehingga ada masa pasang dan surut. Bila situasi keamanan tidak kondusif, maka pariwisata akan sepi. Begitulah yang terjadi pada pariwisata selama ini, sehingga tidak menciptakan daya tarik bisnis.

Desain sistem pertandaan yang dibutuhkan oleh setiap kota yang "menjual" kawasan wisata adalah desain komunikasi berwujud tanda-tanda yang komunikatif. Tulisan ini menarik buat para desainer agar lebih menyengat dalam mendalami sign system.

Untuk lebih lengkapnya klik disini aja coy... Dari blog Sumbo tersebut, diulas mengenai pentingnya Sign System di Jogjakarta.

Mengenai Sign System secara umum, juga diulas sedikit di sini, dalam artikel Signage System Resource.
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails