DKV UNPAS Bandung: Blog tentang Kampanye Sosial

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Blog tentang Kampanye Sosial

at 2/05/2008 , , View Comments



Iseng browsing, nemu blog menarik soal kampanye sosial. jarang-jarang blog berbahasa indonesia yang membahas soal beginian. Apalagi topiknya Kampanye Sosial. Berikut kutipan dari pengantar blog-nya:

Kampanye, Inisiatif Komunikasi Sosial. Blog ini didedikasikan bagi inisiatif dan kampanye sosial yang menggunakan pendekatan komunikasi dan teknologi informasi. Di dalamnya di tampilkan sejumlah iklan layanan masyarakat dengan menggunakan media dan pendekatan baru. Pesan-pesan sosial yang disampaikan di dalamnya di rancang, di tata dan di sampaikan oleh sejumlah lembaga nirlaba untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Inilah apa yang disebut sebagai Pemasaran Sosial, atau Social Marketing.
Pemasaran sosial, mempunyai kekuatan luar biasa yang dapat membuat kita berhenti, berpikir dan bertindak untuk membantu orang, atau sekelompok orang, yang bahkan tak kita kenal, bisa jadi berasal dari budaya asing, dan tinggal ratusan kilo jauhnya. Dan untuk alasan itulah kami menampilkan iklan-iklan semacam ini, mempelajarinya, dan mendiskusikannya secara mendalam
Ada persoalan sosial marketing, yang bakal menarik untuk dibahas lebih lanjut. Silakan kunjungi blognya, http://www.kampanye.org/ (dead link). Sayang, blog ini sudah mati.

UPDATE: Baru saja saya periksa, link-nya mati. Entah kenapa. Tapi nemu blog lain yang mirip-mirip, coba aja tengok http://kampanye.wordpress.com/. Coba juga http://www.socialdesignsite.com/. Social Design Site merupakan web yang didedikasikan untuk menyebarluaskan gagasan desain sosial (social design). Dalam Misi mereka, tercantum kalimat berikut:

The first purpose of SocialDesignSite is to create awareness on social design: We as individuals have social interactions everyday. We are not alone on a deserted island. We cannot not be social. Therefore we should be aware of the fact that we have the opportunity to choose our actions in everyday life. We have the choice between following the same habits, customs and lanes we did in the past or to change them. Every new day we could do things differently than we have done it before. For us this is social design, how do people organise their social life, how do we design our world?
Di web itu ada berbagai macam proyek desain, berita, dan referensi menarik. Kita juga bisa menyumbang karya ke sana.
blog comments powered by Disqus