DKV UNPAS Bandung: Batman itu Gay, dan Bat Woman adalah Lesbian

Arakanlebah, Komunitas DKV UNPAS Bandung

Batman itu Gay, dan Bat Woman adalah Lesbian

at 6/25/2006 , View Comments

Udah denger kalo si Batman yang baru itu Gay? Nah, disini banyak cerita tentang karya-karya seniman 'edan' yang punya gagasan si Batman mah sebenarnya gay, dan Batwoman itu lesbian!!

Karya-karya ini menjadi masalah karena pihak DC Komik, yang merasa memiliki copyright atas tokoh-tokoh tersebut, menuntut si seniman, Mark Chamberlain, untuk menyerahkan semua karya yang belum terjual, dan menyerahkan semua bukti penjualan karya yang sudah terjual. Karya-karya Mark Chamberlain ini dipamerkan di Kathleen Cullen Fine Art, sebuah gallery berbasis di New York.

Kasus seperti ini pada dasarnya dianggap menyalahi copyright, karena tokoh tertentu dalam dunia komersil telah dipatenkan. Pengubahan tokoh menjadi karya baru, disebut juga sebagai karya derivatif, atau karya turunan. Persoalan copyright menjadi penting, karena karya turunan itu kemudian juga dikomersilkan. Dengan kata lain, seniman derivatif menumpang ketenaran tokoh populer yang sudah diperkenalkan sebelumnya oleh penciptanya, atau pemegang hak ciptanya.

Beberapa gambar-gambar yang menunjukkan si Batman itu gay yang dipasang di atas, diambil dari sini. Dasar gelo... :D
blog comments powered by Disqus
Related Posts with Thumbnails